UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Analisis Konten Kreatif Media Sosial dalam Mendukung Minat Kunjung Wisatawan di PT. Wisata Impian Universal = Analysis of Creative Social Media Content in Supporting Tourist Visit Interests at PT. Wisata Impian Universal

Sendi Rahman Maulana; Anisatul Auliya, supervisor; Budiman Mahmud Mustofa, examiner; Umi Rahmawani, examiner (Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, 2025)

 Abstrak

Penelitian ini membahas peran media sosial dalam mendukung minat kunjung wisatawan ke suatu destinasi wisata, dengan studi kasus di PT. Wisata Impian Universal. Di era digital saat ini, media sosial menjadi salah satu platform yang paling banyak digunakan, khususnya dalam industri pariwisata. Media sosial berperan aktif sebagai alat promosi yang strategis, membentuk persepsi publik, menyebarkan konten visual dan naratif, serta menarik calon wisatawan. Penulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan deskripsi kreatif, dan bertujuan untuk memahami bagaimana berbagai elemen konten kreatif dalam media sosial dapat berdampak signifikan terhadap minat kunjung wisatawan. Teori kreativitas Graham Wallas yang mencakup tahapan preparation, incubation, illumination, dan verification digunakan untuk menganalisis proses kreatif dalam pembuatan konten kreatif pariwisata di media sosial. Penulisan ini menyoroti elemen seperti storytelling, visual, konten buatan pengguna (user-generated content), dan pemanfaatan tren sebagai aspek penting yang memengaruhi ketertarikan wisatawan. Hasil Penulisan diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap strategi konten kreatif media sosial terhadap promosi pariwisata yang lebih efektif dan inovatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan adanya penggunaan konten kreatif yang baik dan benar maka dapat mempengaruhi audiens untuk mengunjungi suatu destinasi wisata terutama pada industri tour and travel yang menggunakan sosial media dan konten kreatif sebagai elemen untuk media promosi digital dan menggunakan visualisasi yang bagus dan penuh dengan estetika. Implementasi teori-teori kreativitas diperlukan sebagai upaya untuk memperkuat branding perusahaan terutama dalam pembuatan konten kreatif.

This research discusses the role of social media in supporting tourist visiting interest to a tourist destination, with a case study at PT. Wisata Impian Universal. In today's digital era, social media has become one of the most widely used platforms, especially in the tourism industry. Social media plays an active role as a strategic promotional tool, shaping public perception, spreading visual and narrative content, and attracting potential tourists. This writing uses a qualitative approach with creative descriptions, and aims to understand how various elements of creative content in social media can have a significant impact on tourist visiting interest. Graham Wallas' creativity theory which includes the stages of preparation, incubation, illumination, and verification is used to analyze the creative process in creating creative tourism content on social media. This paper highlights elements such as storytelling, visuals, user-generated content, and the use of trends as important aspects that influence tourist interest. The results of the paper are expected to contribute to the strategy of creative content on social media for more effective and innovative tourism promotion. The conclusion of this study is that with the use of good and correct creative content, it can influence the audience to visit a tourist destination, especially in the tour and travel industry that uses social media and creative content as elements for digital promotional media and uses good visualizations that are full of aesthetics. The implementation of creativity theories is needed as an effort to strengthen company branding, especially in the creation of creative content.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Sendi Rahman Maulana.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, 2025
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ida rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 73 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI; Ruang Baca Vokasi (Full Text)
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-25-21689423 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920572397
Cover