UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Penerapan Pemeliharaan Berbasis Keandalan untuk Optimasi Sistem Lubrikasi Mesin Utama pada Kapal Tanker = Implementation Reliability Centered-Maintenance for Optimization Main Engine Lubricating Oil System on Tanker Ships

Muhammad Daffa Azzura Yasin; Firman Ady Nugroho, supervisor; Achmad Riadi, examiner; Dimas Angga Fakhri Muzhoffar, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2025)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan sistem pelumasan mesin utama pada kapal tanker melalui pendekatan Reliability-Centered Maintenance (RCM) dalam rangka mendukung efisiensi energi dan dekarbonisasi sektor maritim. Analisis dilakukan menggunakan metode FMEA, FTA, RBD, FMECA, dan RCFA untuk mengidentifikasi mode kegagalan, jalur kritis, serta akar penyebab gangguan sistem. Hasil menunjukkan bahwa pendingin oli merupakan komponen paling kritis dengan nilai RPN tertinggi, dan bahwa kombinasi fouling, penyumbatan, serta kegagalan deteksi dini berkontribusi signifikan terhadap penurunan performa sistem. Simulasi RBD mengindikasikan bahwa peningkatan strategi pemeliharaan berbasis kondisi dapat meningkatkan reliabilitas sistem secara signifikan. Rekomendasi mencakup penerapan Condition-Based Maintenance (CBM), pemasangan sensor monitoring real-time, dan penggunaan perangkat lunak RCM adaptif. Temuan ini menunjukkan bahwa integrasi strategi pemeliharaan berbasis keandalan mampu meningkatkan performa sistem propulsi sekaligus mendukung tujuan lingkungan dan keselamatan operasional kapal.

This study aims to optimize the main engine lubrication system of oil tankers using a Reliability-Centered Maintenance (RCM) approach to support energy efficiency and maritime sector decarbonization. The analysis was conducted using FMEA, FTA, RBD, FMECA, and RCFA methods to identify failure modes, critical paths, and root causes of system disturbances. Results indicate that the oil cooler is the most critical component with the highest RPN value, and that a combination of fouling, blockage, and inadequate early detection significantly contributes to performance degradation. RBD simulation shows that improving condition-based maintenance strategies can significantly enhance system reliability. Recommendations include implementing Condition-Based Maintenance (CBM), installing real-time monitoring sensors, and utilizing adaptive RCM software. These findings demonstrate that integrating reliability-based maintenance strategies can enhance propulsion system performance while supporting environmental goals and operational safety.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Muhammad Daffa Azzura Yasin.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2025
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 49 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-25-71865145 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920571479
Cover