Masa transisi dari institusi pendidikan ke dunia kerja adalah periode yang penting untuk dihadapi oleh mahasiswa tingkat akhir dan fresh graduates. Meski sifatnya sangat vital dalam perjalanan karier individu, transisi ini adalah proses yang tidak mudah dan penuh dengan ketidakpastian, sehingga dapat menjadi masa yang menekan bagi mereka yang menjalaninya. Untuk bisa melewati masa transisi ini dengan sukses, individu membutuhkan kemampuan adaptabilitas karier yang baik. Dengan berdasar pada Teori Konstruksi Karier, penelitian ini bertujuan melihat peran aspek-aspek dalam diri yaitu efikasi diri, optimisme, harapan, dan resiliensi yang diteliti dalam payung konstruk psychological capital (PsyCap) terhadap adaptabilitas karier. Penelitian dilakukan dengan pengambilan data primer pada 448 partisipan mahasiswa tingkat akhir dan fresh graduates di Indonesia. Hasil analisis regresi yang dilakukan dalam penelitian menunjukkan bahwa PsyCap dan aspek-aspek yang terkandung di dalamnya yaitu efikasi diri, optimisme, harapan, dan resiliensi dapat memprediksi adaptabilitas karier secara signifikan dan positif, dimana efikasi diri ditemukan memiliki peran terbesar terhadap adaptabilitas karier (β = 0.281, SE = 0.028, p <0.01). PsyCap secara keseluruhan ditemukan dapat memprediksi adaptabilitas karier dengan baik, dimana 60.9% variasi pada adaptabilitas karier dapat dijelaskan oleh PsyCap (F (1, 446) = 693.477, p <0.01 dengan R2 = 0,609).
School-to-work transition is a vital period that has to be imminently faced by final-year university students and recent graduates. Despite its importance in one’s career path, this transition is not easy and full of uncertainty, thus can be a stressful period for transitioners. To successfully navigate this transition, one needs career adaptability skills. Using the Career Construction Theory framework, this study aims to investigate the role of self-efficacy, optimism, hope, and resilience as part of the higher-order construct of psychological capital (PsyCap) in predicting career adaptability. The study was conducted by collecting primary data from 448 final year students and fresh graduates in Indonesia. The results of the regression analysis done in the study showed that PsyCap and its components, namely self-efficacy, optimism, hope, and resilience positively and significantly predict career adaptability, with self-efficacy having the largest role in predicting career adaptability (β = 0.281, SE = 0.028, p <0.01). PsyCap in its entirety was found to be a good predictor of career adaptability, with 60.9% variation in career adaptability being explained by the individual’s PsyCap (F (1, 446) = 693.477, p <0.01 with R2 = 0,609).