UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pengaruh Ketebalan Hardfacing Terhadap Ketangguhan dan Kekerasan Pada Wesel Rel Kereta = The Effect of Hardfacing Layer Thickness on Toughness and Hardness of Railway Switches

Muhammad Rizky Aryo Legowo; Muhammad Anis, supervisor; Wahyuaji Narottama Putra, examiner; Wahid Muhamad Furkon Rahmatulloh, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2025)

 Abstrak

Wesel pada rel kereta api digunakan untuk mengalihkan kereta api dari arah tertentu atau jalur tertentu ke jalur lainnya. Pada wesel, sering dijumpai adanya kegagalan akibat bagian switch dan stock rail mengalami secara bersamaan atau lebih dominan pada satu jalur. Keausan dipengaruhi oleh serangkaian faktor internal dan eksternal. Hardfacing merupakan teknik pelapisan permukaan logam yang memungkinkan pembuatan komponen yang memiliki resistansi terhadap aus, benturan, korosi, dan panas ekstrem. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perbedaan ketebalan lapisan hardfacing (baja Mn tinggi) pada proses hardfacing menggunakan metoda SMAW (Shielded Metal Arc Welding) dengan ketebalan total lapisan ~ 15 mm untuk melihat efeknya terhadap ketangguhan dan kekerasan pada wesel rel kereta. Total ketebalan lapisan hasil proses hardfacing sebesar 15 mm, dan untuk mencapainya, digunakan lapisan buffer dengan susunan 1 lapis buffer-1, 4 lapis buffer-2 dan 2 lapis baja Mn tinggi (benda uji-1) dan 1 lapis buffer-1, 5 lapis buffer-2 dan 1 lapis baja Mn tinggi (benda uji-2). Pengujian terhadap benda uji-1 dan benda uji-2 dilakukan menggunakan mesin uji ketangguhan impak (metoda Charpy), pengukuran kekerasan menggunakan metoda kekerasan Vickers, dan uji keausan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa komposisi lapisan buffer dan lapisan hardfacing (baja Mn tinggi) memiliki pengaruh terhadap kekerasan dan ketangguhan material setelah proses pengelasan hardfacing menggunakan metode SMAW. Nilai kekerasan benda uji-1 sebesar 411 HV sedangkan pada benda uji-2 sebesar 335 HV. Ketangguhan (nilai impak) benda uji-1 memiliki nilai yang lebih rendah dibandingkan dengan benda uji-2. Ketahanan aus benda uji-1 lebih baik dibandingkan dengan benda uji-2.

The Turnouts on railway tracks are used to divert trains from a specific direction or track to another. In turnouts, failures often occur due to the simultaneous or dominant wear of the switch and stock rails on one side. Wear is influenced by a combination of internal and external factors. Hardfacing is a surface coating technique that enables the production of components with resistance to wear, impact, corrosion, and extreme heat. This study aims to analyze the effect of different hardfacing layer thicknesses (high-Mn steel) using the Shielded Metal Arc Welding (SMAW) method with a total deposited layer thickness of approximately 15 mm, in order to observe its effect on the toughness and hardness of railway turnout components. A total layer thickness of 15 mm was achieved using a buffer layer arrangement: 1 layer of buffer-1, 4 layers of buffer-2, and 2 layers of high-Mn steel for specimen-1; and 1 layer of buffer-1, 5 layers of buffer-2, and 1 layer of high-Mn steel for specimen-2. The specimens were tested using Charpy impact testing, Vickers hardness testing, and wear testing. The results of this study indicate that the composition of the buffer and hardfacing (high-Mn steel) layers affects the hardness and toughness of the material after the SMAW hardfacing process. The hardness value of specimen-1 was 411 HV, while specimen-2 had a value of 335 HV. The impact toughness of specimen-1 was lower than that of specimen-2. Meanwhile, the wear resistance of specimen-1 was better than that of specimen-2.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Muhammad Rizky Aryo Legowo.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2025
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LIbUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 65 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-25-31384766 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920570825
Cover