UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Karateristik dimensi lambung kapal kontainer terhadap hambatan dan kecepatan operasi = Hull dimension characteristics of container ships in relation to resistance and operating speed

Rayyaan Jandiar Muhardi; Dimas Angga Fakhri Muzhoffar, supervisor; Achmad Riadi, examiner; Muhammad Arif Budiyanto, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2025)

 Abstrak

Pertumbuhan industri pelayaran global mendorong kebutuhan akan kapal yang lebih efisien dan ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimasi dimensi utama kapal kontainer Neo-Panamax guna meminimalkan hambatan total dan konsumsi bahan bakar sekaligus memaksimalkan volume muat. Proses optimasi dilakukan dengan pendekatan Central Composite Design (CCD) dan Response Surface Method (RSM), serta didukung simulasi hidrodinamika menggunakan Computational Fluid Dynamics (CFD) melalui software ANSYS Fluent. Model geometri kapal yang digunakan adalah Duisburg Test Case (DTC), dengan variabel dimensi utama meliputi panjang, lebar, tinggi, draught, dan kecepatan. Hasil penelitian menunjukkan titik optimal yang menghasilkan hambatan sebesar 615 kN, volume kapal 385.142 m3, dan konsumsi bahan bakar 998,9 kg/h. Dibandingkan dengan desain non- optimal, titik optimal menghasilkan penghematan bahan bakar hingga 64% dan peningkatan net tonnage sebesar 27%. Temuan ini menunjukkan bahwa optimasi geometri lambung memiliki dampak signifikan terhadap efisiensi operasional kapal.

The growth of the global shipping industry drives the demand for more efficient and environmentally friendly ships. This study aims to optimize the principal dimensions of a Neo- Panamax container ship to minimize total resistance and fuel consumption while maximizing cargo capacity. The optimization process employs the Central Composite Design (CCD) and Response Surface Method (RSM), supported by hydrodynamic simulations using Computational Fluid Dynamics (CFD) via ANSYS Fluent software. The geometric model used is the Duisburg Test Case (DTC), with principal dimension variables including length, width, height, draft, and speed. The results reveal an optimal point yielding a resistance of 615 kN, a ship volume of 385,142 m3, and a fuel consumption of 998.9 kg/h. Compared to the non- optimal design, the optimal point achieves up to 64% fuel savings and a 27% increase in net tonnage. These findings demonstrate that hull geometry optimization significantly impacts a ship's operational efficiency.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Rayyaan Jandiar Muhardi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2025
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xii, 32 pages : illustrations
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-25-52725693 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920570507
Cover