UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Optimalisasi Edukasi Dengan Menggunakan Inovasi Berbasis QR Untuk Meningkatkan Kepatuhan Perilaku Hidup Bersih dan sehat Pada Pasien dan Keluarga dengan TB = Optimizing Education Using QR-Based Innovation to Increase Compliance with Clean and Healthy Living Behavior in Patients and Families with TB

Eva Fathoni; Tuti Afriani, supervisor; Rr. Tutik Sri Hariyati, examiner; Erna Puspita Sari, examiner (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2024)

 Abstrak

Tuberkulosis merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium Tuberculosis. Sumber penularan yaitu pasien TB BTA (Basil Tahan Asam) positif melalui percik renik dahak yang dikeluarkannya. Peranan keluarga sangat penting dalam hal ini, terlebih keluarga harus banyak mengetahui tentang penyakit TB Itu sendiri. Pemberian edukasi kesehatan terkait pengetahuan tentang TBC dan peningkatan perilaku PHBS sangat efektif untuk mengurangi risiko infeksi yang kemungkinan terjadi, hal ini sejalan dengan penelitian yang dilakukan. Hasil identifikasi tingkat pengetahuan responden sebelum dan sesudah diberikan edukasi kesehatan dengan menggunakan inovasi berbasis QR menunjukkan peningkatan presentasi, artinya intervensi yang diberikan kepada keluarga dan pasien mengalami keberhasilan dari sebelumnya 43.58% meningkat menjadi 56.42%. Hasil evaluasi edukasi dengan menggunakan inovasi berbasis QR. Didapatkan hasil, pasien dan keluarga setuju dengan penggunaan berbasis QR sebagai media edukasi yang mudah, efektif dan menarik dengan hasil presentasi 97.33%.

Tuberculosis is an infectious disease caused by infection with the Mycobacterium Tuberculosis bacteria. The source of transmission is positive BTA (acid-fast bacilli) TB patients through small droplets of phlegm they expel. The role of the family is very important in this matter, especially the family must know a lot about TB disease itself. Providing health education related to knowledge about TB and increasing PHBS behavior is very effective in reducing the risk of possible infections, this is in line with research conducted. The results of identifying the level of knowledge of respondents before and after being given health education using QR-based innovation showed an increase in presentation, meaning that the intervention given to families and patients experienced success from previously 43.58%, increasing to 56.42%. Results of educational evaluation using QR-based innovation. The results obtained were that patients and families agreed with the use of QR-based as an easy, effective and interesting educational media with presentation results of 97.33%.

 File Digital: 1

Shelf
 PR-Eva Fathoni.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : PR-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2024
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 32 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
PR-pdf 16-25-29983765 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920567038
Cover