UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Dari Sinema Menuju Konten: Membongkar Degradasi Hakikat Gambar Sinematik dan Relasinya dengan Proses Mental Melalui Pemikiran Stanley Cavell = From Cinema to Content: Unraveling the Degradation of Cinematic Images and Its Relation to Mental Processes through the Lens of Stanley Cavell

Rafi Syabi Aferza; Mendrofa, James Farlow, supervisor; Albertus Harsawibawa, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2025)

 Abstrak

Penelitian ini membuktikan bahwa di era sekarang telah muncul berbagai fenomena di media sosial yang mendegradasi hakikat medium sinema menuju konten. Penelitian ini juga membuktikan adanya implikasi dari problem tersebut, berupa distorsi terhadap relasi antara kemampuan gambar sinematik dalam menangkap realitas dengan aktivitas atau proses mental penontonnya seperti melakukan refleksi hingga merasakan emosi tertentu. Penelitian ini di sisi lain menunjukkan bahwa mengembalikan pemaknaan medium sinema secara filosofis sekaligus merekonstruksi relasi antara gambar sinematik dan proses mental melalui pengalaman menonton yang utuh mampu memenuhi kondisi ambivalen manusia untuk mengetahui realitas. Tujuan dari penelitian ini adalah membongkar dimensi paling optimum dari sinema yang mampu dimaknai serta diinvestigasi secara filosofis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui kajian literatur terhadap buku, artikel, maupun jurnal yang berkaitan dengan tema penelitian. Teori ontologi film Stanley Cavell juga digunakan sebagai basis untuk melakukan analisis secara runut terhadap bentuk-bentuk fenomena konten yang ada. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah fenomena konten terbukti mendegradasi hakikat serta potensi sinema dalam mereproduksi realitas dan membangun relasi dengan penontonnya.

This study demonstrates that, in the current era, various phenomena on social media have emerged that degrade the essence of cinema as a medium into mere content. It also proves the implications of this problem, such as the distortion of the relationship between the cinematic image's ability to capture reality and the audience's mental activities or processes, including reflection and the experience of specific emotions. On the other hand, this research shows that restoring the philosophical meaning of cinema as a medium, while reconstructing the relationship between cinematic images and mental processes through a holistic viewing experience, can fulfill the human condition of ambivalence in understanding reality. The purpose of this study is to uncover the most optimal dimensions of cinema that can be interpreted and philosophically investigated. This research employs a qualitative method by conducting a literature review of books, articles, and journals related to the research theme. Stanley Cavell's theory of film ontology is also utilized as a basis for systematically analyzing the various forms of content phenomena. The conclusion of this study is that content phenomena are proven to degrade the essence and potential of cinema in reproducing reality and establishing a relationship with its audience. Keyword: cinema; image; content; mental process, reality

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Rafi Syabi Aferza.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2025
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : libUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer (rdmedia)
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 36 pages
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-25-34974448 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920566572
Cover