Banalitas kejahatan adalah suatu situasi dimana kejahatan dianggap sesuatu yang wajar. Film The Zone of Interest memperlihatkan Rudolf Höss, seorang komandan Nazi, menjalani kesehariannya bersama keluarganya. Dalam film ini, keluarga Höss ditampilkan sebagai keluarga bahagia yang harmonis. Mereka hidup di rumah mewah dengan pekarangan luas yang bertempat di sebelah kamp konsentrasi Auschwitz. Keluarga Höss digambarkan hidup dengan tenang, tanpa terganggu dengan dibunuh dan disiksanya tawanan kamp konsentrasi Auschwitz di sebelah rumahnya. Penelitian ini berfokus membahas bagaimana penggambaran banalitas kejahatan yang ditampilkan dalam film The Zone of Interest memperlihatkan internalisasi ideologi Nazisme. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan pendekatan semiotika film oleh Christian Metz, dan teori banalitas kejahatan oleh Hannah Arendt (1963). Hasil analisis membuktikan bahwa film ini secara efektif merepresentasikan fenomena banalitas kejahatan yang lahir akibat internalisasi ideologi Nazisme yang berlangsung bertahun-tahun. Film ini memperlihatkan bahwa kejahatan yang terjadi di sekitar rumah Höss, sama sekali tidak mengganggu mereka.
The Banality of Evil is a situation where evil is perceived as something ordinary. The film The Zone of Interest portrays Rudolf Höss, a Nazi commander, going about his daily life with his family. In the film, the Höss family is depicted as a happy and harmonious family. They live in a luxurious house with a large yard located next to the Auschwitz concentration camp. The Höss family is shown living peacefully, undisturbed by the killing and torture of prisoners in the concentration camp right next to their home. This study focuses on analyzing how the depiction of the banality of evil in The Zone of Interest illustrates the internalization of Nazi ideology. The research employs a qualitative method, using Christian Metz's film semiotics approach and Hannah Arendt's theory of the banality of evil (1963). The analysis results demonstrate that the film effectively represents the phenomenon of the banality of evil, which emerged as a result of the long-term internalization of Nazi ideology. The film highlights how the atrocities occurring near the Höss home do not affect them in the slightest.