Rasa syukur sebagai sifat afektif, atau yang disebut kecenderungan bersyukur, merupakan kecenderungan umum individu untuk mengenali dan menanggapi pengalaman kebaikan orang lain dan hasil positif yang diperoleh dengan emosi bersyukur (McCullough, Emmons, & Tsang, 2002). Saat ini, penggunaan media sosial semakin bertambah dan memberikan pengaruh pada berbagai aspek pada kehidupan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat hubungan antara penggunaan media sosial dan kecenderungan bersyukur pada mahasiswa. Tinggi rendahnya penggunaan media sosial diasumsikan memiliki hubungan yang bersifat negatif signifikan terhadap kecenderungan bersyukur pada mahasiswa. Sebanyak 84 orang mahasiswa (M= 20,7, SD= 1,85) terlibat dalam penelitian ini dengan mengisi kuesioner Gratitude Questionnaire-6 (McCullough, Emmons, & Tsang, 2002) dan Social Media Use Questionnaire (Xianidis & Brignell, 2016; Gupta & Bashir, 2018). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media sosial terbukti memiliki hubungan yang negatif signifikan dengan kecenderungan bersyukur pada mahasiswa (r = - 0,455, p < .001). Artinya, semakin tinggi penggunaan media sosial maka semakin rendah kecenderungan bersyukur pada mahasiswa, dan sebaliknya.
Gratitude as a positive affect or called as dispositional gratitude is a a generalized tendency to recognize and respond with grateful emotion to the roles of other people's benevolence in the positive experiences and outcomes that one obtains (McCullough, Emmons, & Tsang, 2002). Nowadays, social media usage is increasing and has impacted various aspects of life. The aim of this study is to see the relationship between social media use and dispositional gratitude in college students. The level of social media use assumed to have a significantly negative relationship with dispositional gratitude in college student. A total of 84 college students (M= 20,7, SD= 1,85) was involved in this study by filling out the Gratitude Questionnaire-6 (McCullough, Emmons, & Tsang, 2002) and Social Media Use Questionnaire (Gupta & Bashir, 2018). The result of this study shows that social media use proven to have a significantly negative relationship with dispositional gratitude in college students (r = - 0,455, p < .001). This means, the higher social media usage, the higher dispositional gratitude in college students and vice versa.