MRT dan Transjakarta merupakan dua moda transportasi umum yang menyediakan layanan pada rute yang sama, dari Bundaran HI hingga Blok M. Transjakarta sudah terlebih dahulu memiliki rute tersebut, namun setelah adanya moda transportasi umum baru (MRT), Transjakarta tetap menyediakan layanan untuk rute tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui relevansi antara dua moda yang melayani rute yang sama, dengan pengambilan data melalui kuesioner. Hasil dari kuesioner diolah dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Statisfaction Index (CSI), kemudian melakukan perbandingan dengan Peraturan Menteri Perhubungan No. 63 Tahun 2019 untuk moda transportasi MRT dan Peraturan Gubernur DKI Jakarta No. 2 Tahun 2024 untuk moda transportasi Transjakarta. Berdasarkan hasil analisis IPA, moda transportasi MRT memperoleh nilai 90,45% dan Transjakarta dengan nilai 84,11%. Berdasarkan hasil CSI moda transportasi MRT memperoleh nilai 85% dan Transjakarta dengan nilai 68%. Berdasarkan hasil analisis CSI, tarif dan waktu tempuh merupakan faktor utama dari hasil nilai yang didapatkan sebelumnya. Hasil pengolahan data tersebut menunjukkan bahwa kedua moda masih melayani pengguna dengan baik. Namun, nilai dari moda MRT yang lebih tinggi menunjukkan bahwa pelanggan MRT lebih merasa puas dibandingkan pelanggan Transjakarta.
MRT and Transjakarta are two modes of public transportation that provide services on the same route, from Bundaran HI to Blok M. Transjakarta already had the route, but after the new public transportation mode (MRT), Transjakarta still provides services for the route. This study aims to determine the relevance between the two modes that serve the same route, by collecting data through a questionnaire. The results of the questionnaire were processed using the Importance Performance Analysis (IPA) and Customer Statisfaction Index (CSI) methods, then compared with the Regulation of the Minister of Transportation No. 63 of 2019 for the MRT transportation mode and the Regulation of the Governor of DKI Jakarta No. 2 of 2024 for the Transjakarta transportation mode. Based on the results of the IPA analysis, the MRT transportation mode obtained a score of 90.45% and Transjakarta with a score of 84.11%. Based on the results of the CSI, the MRT transportation mode obtained a score of 85% and Transjakarta with a score of 68%. Based on the results of the CSI analysis, fares and travel time are the main factors in the results of the previously obtained scores. The results of the data processing show that both modes still serve users well. However, the higher value of the MRT mode indicates that MRT customers are more satisfied than Transjakarta customers.