UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Peranan Lingkung Bangun Eco-Pesantren di Kabupaten Bogor terhadap Sikap dan Perilaku Peduli Lingkungan = The Role of Eco-Pesantren Built Environment in Kabupaten Bogor Towards Pro-Environmental Attitudes and Behaviours

Trianasari Puspadewi; Ratna Djuwita, supervisor; Ova Candra Dewi, supervisor; Emirhadi Suganda, examiner; Panjaitan, Toga H., examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Studi ini mengkaji peranan lingkung bangun eco-pesantren terhadap sikap dan perilaku peduli lingkungan pada santri dilihat dari durasi waktu tinggalnya. Permasalahan sebagian besar pesantren di Indonesia memiliki dampak bagi kualitas hidup dari segi kesehatan dan segi efisiensi penggunaan sumber daya alam. Perilaku manusia turut andil memperparah permasalahan lingkungan. Peran pendidikan membantu pengembangan pengetahuan, kesadaran, sikap dan perilaku peduli lingkungan pada para santri sebagai agent of change, salah satunya melalui lingkungan binaan. Lingkung bangun eco-pesantren diharapkan dapat menjadi ruang fisik bagi para santri selama mereka bersekolah sehingga dapat memunculkan kesadaran dan mengimplementasikan secara menyeluruh konsep Islam yang berkaitan dengan lingkungan. Penelitian ini menggunakan metodologi quasi eksperimental dengan menggunakan Instrumen Skala New Ecological Paradigm (NEP) dan skala General Ecological Behavior (GEB) untuk mengukur sikap dan perilaku lingkungan santri. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa semakin lama berada di lingkung bangun eco-pesantren tidak mempengaruhi sikap lingkungan namun perilaku peduli lingkungan terbentuk pada lingkung bangun eco-pesantren dengan skor yang lebih rendah.

This study examines the role of the eco-pesantren built environment on pro-environmental attitudes and behaviour of santri seen from the duration of their stay. The problems of most Islamic boarding schools in Indonesia have an impact on the quality of life in terms of health and terms of the efficient use of natural resources. Human behaviour contributes to aggravating environmental problems. The role of education helps develop knowledge, awareness, attitudes, and environmental care behaviour in students as agents of change, one of which is through the built environment. The eco-pesantren building environment is expected to be a physical space for the students while they are in school to raise awareness and thoroughly implement Islamic concepts related to the environment. This study uses a quasi-experimental methodology using the New Ecological Paradigm Scale Instrument (NEP) and the General Ecological Behavior (GEB) scale to measure the attitudes and behaviour of the santri. This study shows that the longer the stay in the eco-pesantren environment does not affect pro-environmental attitudes. However, pro-environmental behaviour is formed in the eco-pesantren built environment with a lower score.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Trianasari Puspadewi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xviii, 67 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-25-24542008 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920561035
Cover