UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Evaluasi Program Preservasi Jalan Berbasis Soft Computing dan Metode Finansial Life Cycle Cost Analysis = Evaluation of the Road Preservation Program Using Soft Computing and Financial Life Cycle Cost Analysis Method

Maharani Pasha Umar; Ayomi Dita Rarasati, supervisor; R. Jachrizal Sumabrata, supervisor; Henki Wibowo Ashadi, examiner; Andyka Kusuma, examiner; Rosmariani Ariffusin (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Indonesia merupakan negara achipelago yang memiliki 17.550 dengan jumlah populasi sekitar 220 juta dengan 90% pergerakan kargo dan 92% pergerakan manusia menggunakan transportasi darat tetapi hanya sekitar 45% jalan di indonesia dengan kondisi mantap padahal program preservasi jalan di Indonesia bukanlah hal yang baru dan telah diterapkan di ruas-ruas jalan di Indonesia Sehingga dibutuhkan penelitian tentang program preservasi jalan di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah mengatahui dana alokasi program preservasi jalan mencukupi untuk melakukan pemeliharaan jalan yang di tinjau atau tidak menggunakan metode life cycle cost analysis, mengetahui treatment apa yang seharusnya digunakan pada program preservasi jalan menggunakan metode soft computing, mengetahui bagaimana kondisi jalan yang sudah mengunakan program preservasi jalan dan pelaksanaan program preservasi jalan dari sisi kontraktor dan sisi sehingga dapat diketahui permasalahan dari kurang efektifnya program preservasi jalan di Indonesia. Kondisi ruas jalan yang ditinjau yaitu sedang dengan nilai IRI 4,47 dengan dana alokasi sebesar Rp. 456.046.795,00 pada tahun 2020 sedangkan dana alokasi pelaksanaan program preservasi jalan pada tahun 2020 yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Bina Marga sebesar Rp. 680.555.000,00 dengan kesiapan kontraktor dari indikator yang mempengaruh diatas 80% dan kesiapan pemerintah dari indikator yang mempengaruhi dibawah 50%.

Indonesia is an Achipelago country that has 17,550 with a population of around 220 million with 90% of cargo movement and 92% of human movement using land transportation but only about 45% of roads in Indonesia are in good condition even though the road preservation program in Indonesia is not new and has been implemented on roads in Indonesia. The purpose of this study is to find out the allocation funds for the road preservation program is sufficient to carry out maintenance of the road being reviewed or not using the life cycle cost analysis method, find out what treatment should be used in the road preservation program using the soft computing, knowing how the road conditions which have used the road preservation program and implemented the road preservation program from the contractor side and the owner side so that problems can be identified from the ineffectiveness of the road preservation program in Indonesia. The condition of the roads reviewed is moderate with an IRI value 4.47 with an allocation of Rp. 456.046.795,00 in 2020 while the allocation for the implementation of the road preservation program in 2020 issued by yhe Directorate General of Highways is Rp. 680.555.000,00 with contractor readiness from indicators that influence above 80% and government readiness from indicators that affect below 50%.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Maharani Pasha Umar.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : x, 98 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-25-23352424 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920560947
Cover