UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Hubungan Core Self-Evaluation dengan Kreativitas: Peran Perilaku Berbagi Pengetahuan Sebagai Mediator dan Kepemimpinan Partisipatif sebagai Moderator = Linking Core Self-Evaluation to Creativity: The Mediating Role of Knowledge Sharing Behaviour and the Moderating Role of Participative Leadership

Prita Adwi Minandarin Shamara; Purba, Debora Eflina, supervisor; Dianti Endang Kusumawardhani, examiner; Endang Parahyanti, examiner (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi hubungan tidak langsung antara core-self evaluation dan kreativitas karyawan melalui perilaku berbagi pengetahuan, dan peran kepemimpinan partisipatif dalam memoderasi hubungan tidak langsung antara core-self evaluation dan kreativitas karyawan melalui perilaku berbagi pengetahuan. Teori approach/avoidance digunakan untuk menjelaskan peran perilaku berbagi pengetahuan sebagai mediator dan peran kepemimpinan partisipatif sebagai moderator. Penelitian ini menggunakan metode korelasional melalui survei daring pada karyawan di satu perusahaan BUMN yang telah bekerja selama lebih dari satu tahun (N = 203). Teknik pengambilan sampel menggunakan convenience sampling, dan analisis data dilakukan dengan model mediatedmoderation menggunakan makro PROCESS dari Hayes pada SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan tidak langsung yang signifikan antara core selfevaluation dengan kreativitas karyawan melalui peran mediasi perilaku berbagi pengetahuan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kepemimpinan partisipatif memoderasi hubungan tidak langsung core self-evaluation dan kreativitas karyawan melalui perilaku berbagi pengetahuan, dimana hubungan tidak langsung menjadi tidak signifikan ketika kepemimpinan partisipatif dipersepsikan rendah dibandingkan ketika kepemimpinan partisipatif dipersepsikan tinggi.

This study aims to investigate the indirect effect of core self-evaluation on employee creativity through knowledge sharing behaviour, and the role of participative leadership as the moderator of the indirect relationship between core self-evaluation and employee creativity through knowledge sharing behaviour. Approach/avoidance framework is applied to explain the role of knowledge sharing behaviour as mediator and participative leadership as moderator. This research employs correlational design using online survey directed at employees in an Indonesian state-owned organization who have worked for more than one year (N = 203). The sampling technique in this research used convenience sampling, and data analysis was carried out by using mediated moderated model with Hayes’ PROCESS macro on SPSS software. Results show that there is a significant indirect effect of core self-evaluation on employee creativity through knowledge sharing behaviour. Results also exhibit that participative leadership moderates the indirect effect of core self-evaluation on employee creativity through knowledge sharing behaviour, wherein the indirect relationship become nonsignificant when the levels of perceived participative leadership are lower then when the levels of participative leadership are higher.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Prita Adwi Minandarin Shamara.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LIbUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : ix, 49 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-25-89099354 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920560505
Cover