UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Representasi Multikulturalisme Dalam Praktik Seleksi Koleksi Perpustakaan SMA Kolese Gonzaga Jakarta = The Representation of Multiculturalism in the Practice of Selecting Collection at Gonzaga College High School Library, Jakarta

Theresia Kristiningsih; Laksmi, supervisor; Indira Irawati, examiner; Tamara Susetyo, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis secara mendalam mengenai representasi multikulturalisme dalam praktik seleksi koleksi Perpustakaan SMA Kolese Gonzaga, Jakarta. Paradigma penelitian ini adalah  pendekatan kualitatif dengan metode analisis mengggunakan metode etnografi. Peneliti menggunakan pengamatan terlibat sebagai teknik pengumpulan data dalam metode etnografi, sejak Desember 2019-April 2020. Purposive sampling sebagai teknik penentuan informan  yang tepat untuk diteliti agar secara spesifik dapat memberi pemahaman tentang masalah dalam penelitian ini. Temuan yang diperoleh adalah bahwa pengembangan koleksi  dilakukan mengacu pada kurikulum sekolah untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Praktik seleksi koleksi  berbasis subjek dari berbagai disiplin ilmu dilakukan di perpustakaan ini. Alat seleksi yang digunakan adalah tinjauan buku atau bahan pustaka melalui media sosial, daftar judul buku dan katalog. Selain itu ada seleksi berdasarkan pilihan guru bidang studi maupun dari peminjaman buku oleh pemustaka. Kesimpulan menunjukkan adanya nilai egaliter dan nilai demokratis di dalam representasi multikulturalisme dalam praktik seleksi koleksi di Perpustakaan SMA Kolese Gonzaga. Saran yang perlu dilakukan di perpustakaan ini adalah adanya komunikasi yang rutin antara pemegang keputusan dengan kepala perpustakaan. pengembangan perpustakaan dengan cara formal democratic planning harus dilakukan dengan baik dan terus menerus.

This study aims to conduct an in-depth analysis of the representation of multiculturalism in the practice of selecting collections at the Gonzaga College High School Library, Jakarta. The research paradigm in this study is a qualitative approach with the analytical method used is ethnography. Researchers used involved observation as a data collection technique in the ethnographic method, from December 2019 to April 2020. Purposive sampling as a technique for determining the right informants to be studied so that they could specifically provide an understanding of the problems in this research. The findings obtained are that the collection development is carried out referring to the school curriculum to support teaching and learning activities. The practice of subject-based collection selection from various disciplines is carried out in this library. The selection tool used is a review of books or library materials through social media, a list of book titles and catalogs. In addition, there is a selection based on the choice of teachers in the field of study or from borrowing books by users. The conclusion shows that there are egalitarian and democratic values ​​in the representation of multiculturalism in the practice of collection selection at the Gonzaga College High School Library. Suggestions that need to be considered in this library are regular communication between decision holders and the head of the library, linking it with multiculturalism in library selection.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Theresia Kristiningsih .pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LIbUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xi, 71 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-25-94391622 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920560479
Cover