UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Desain Rangka Mobil Lomba Hemat Energi Konsep Urban dengan Aluminium 6063 = Chassis Design of Energy Efficient Vehicle Competition Urban Concept Car with Aluminium 6063

Gede Titanandana Andrayuga Pratama; Mohammad Adhitya, supervisor; R. Danardono Agus Sumarsono, examiner; Gatot Prayogo, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Karbon dioksida merupakan salah satu gas rumah kaca yang menyebabkan pemanasan global. Salah satu sumber emisi gas CO2 berasal dari gas buang mobil. Salah satu solusi untuk mengurangi emisi CO2 dari mobil yaitu mengembangkan mobil yang hemat energi dengan mengurangi massanya. Pengurangan massa mobil dapat dilakukan dengan merancang rangka mobil yang ringan tanpa mengurangi kekuatan dan keamanannya. Universitas Indonesia mempunyai tim lomba mobil hemat energi yang berlomba dalam mengembangkan mobil purwarupa dengan mengedepankan efisiensi energi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang desain rangka mobil hemat energi konsep urban bertenaga listrik dan berbahan bakar bensin dengan material Aluminium 6063. Desain rangka dibuat menggunakan perangkat lunak Autodesk Inventor 2020 dan uji simulasi kekuatan statis dengan Ansys 2020 R2. Perancangan desain rangka mengikuti regulasi lomba Shell Eco-Marathon dan Kontes Mobil Hemat Energi. Uji simulasi kekuatan rangka terdiri dari beban vertikal, beban puntir, beban pengereman, beban lateral, beban traksi, dan beban rollbar sebesar 700 N. Simulasi kekuatan statis menghasilkan data tegangan, faktor keamanan, dan deformasi. Data hasil simulasi dibandingkan dengan standar keamanan dan kekakuan rangka berdasarkan faktor keamanan dan indeks deformasi. Dari hasil simulasi kekuatan statis, desain kedua rangka memenuhi standar kekuatan dan kekakuan pada pembebanan vertikal, lateral dan traksi. Namun, pada pembebanan puntir, pengereman dan rollbar masih terdapat standar kekuatan dan atau kekakuan yang belum terpenuhi. Estimasi massa desain rangka mobil listrik sebesar 16,76 kg dan rangka mobil berbahan bakar bensin sebesar 18,74 kg.

Carbon dioxide is one of the greenhouse gases that cause global warming. One of the sources of CO2 gas emissions comes from car exhaust gases. One of solutions to reduce CO2 emissions from car is to develop energy-efficient cars by reduce its mass. Mass reduction of the car can be done by designing a lightweight car chassis without compromising its strength and safety. Universitas Indonesia has an energy-efficient car racing team that competes in developing energy-efficient prototype cars. This research goal is to design an energy-efficient car chassis for urban concept electric car and gasoline-powered car with Aluminum 6063. The chassis designed with Autodesk Inventor 2020 software and its strength tested with static strength simulation in Ansys 2020 R2. Chassis design compiles to Shell Eco-Marathon and Kontes Mobil Hemat Energi regulations. Chassis strength simulation test consists of vertical load, torsional load, braking load, lateral load, traction load, and rollbar load of 700 N. Static strength simulation produces stress, safety factors, and deformation data. The simulation data is compared to the safety and stiffness chassis standard based on safety factor and deformation index. From the results of static strength simulation, both chassis meet the standard of strength and stiffness in vertical, lateral and traction loading. However in torsional, braking and rollbar loads, there are one or both standards that have not fulfilled. The estimated mass of electric car chassis design is 16.76 kg and gasoline-fueled car chassis is 18.74 kg.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Gede Titanandana Andrayuga Pratama.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xv, 72 pages : illustration + appendik
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-25-20084705 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920559877
Cover