Seiring meningkatnya penggunaan media sosial pada mahasiswa, kesejahteraan digital dan kesehatan mental telah menjadi isu penting sejak Tahun 2019. Penggunaan media sosial pada mahasiswa dibagi menjadi empat motivasi yakni kebutuhan Perkuliahan Jarak Jauh (PJJ), kebutuhan mencari informasi, mencari hiburan, dan berinteraksi. Penggunaan media sosial selama pandemi meningkat dan dapat menimbulkan efek negatif seperti gangguan media sosial dan FoMO. Berbagai faktor seperti usia, jenis kelamin, kepemilikan hobi, durasi, dan jumlah akun memepengaruhi gangguan media sosial dan FoMO Studi ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang behubungan dengan gangguan media sosial dan FoMO pada Mahasiswa FKM UI. Studi ini menggunakan desain cross sectional dengan purposive sampling. Data dikumpulkan melalui survei daring dengan jumlah responden 104 orang. Hasil studi ini menunjukkan bahwa platform sosial media yang digunakan untuk PJJ dan berinteraksi adalah Whatsapp. Platform sosial media yang digunakan untuk mencari hiburan dan mencari informasi adalah Youtube. 73,1% mahasiswa tergolong pengguna durasi tinggi, 77,9% memiliki akun di bawah 10, 17,3% mengalami gangguan media sosial, dan 43,3% mengalami FoMO tinggi. Terdapat hubungan bermakna antara usia (p=0,003) dan program sarjana (p=0,001) dengan FoMO. Terdapat hubungan bermakna antara durasi (p=0,003) dan jumlah akun (p=0,012) dengan gangguan media sosial. Terdapat hubungan bermakna antara durasi (p=0,002) dan jumlah akun (p=0,007) dengan FoMO.
Along with the increasing use of social media among students, digital well-being and mental health have become important issues since 2019. The use of social media among students is divided into four motivations, namely the need for Distance Learning (PJJ), the need for seeking information, seeking entertainment, and interacting. The use of social media during a pandemic is increasing and prone to have negative effects such as social media disorder and FoMO. Various factors such as age, sex, hobby, duration, and the number of accounts affect social media disorder and FoMO. This study aimed to determine the factors associated with social media disorder and FoMO among FPH UI students. This study used a cross-sectional design with purposive sampling. Data was collected through an online survey with 104 respondents. The results of this study indicate that the social media platform used for PJJ and interacting is Whatsapp. The social media platform used to find entertainment and find information is Youtube. 73.1% of students are classified as high duration users, 77.9% have accounts under 10, 17.3% have social media disorder, and 43.3% considered high FoMO. There was a significant relationship between age (p=0.003) and undergraduate program (p=0.001) with FoMO. There is a significant relationship between duration (p=0.003) and the number of accounts (p=0.012) with social media disorder. There is a significant relationship between duration (p=0.002) and the number of accounts (p=0.007) with FoMO.