UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Model Pengendalian Pencemaran Udara Di Wilayah Perkotaan (Suatu Kajian di Kota Tangerang) = Air Pollution Control Model in Urban Area (A Study in Tangerang City)

Muhardiyan Erawan; Mahawan Karuniasa, supervisor; Haryoto Kusnoputranto, supervisor; R. Budi Haryanto, examiner; Rachmadi Purwana, examiner (Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Pencemaran udara merupakan masalah yang paling sering muncul di wilayah perkotaan. Pertumbuhan dan pergerakan penduduk disertai dengan buruknya perilaku peduli lingkungan dan kesadaran mengenai pencemaran udara merupakan isu utama di wilayah perkotaan yang memicu peningkatan volume kendaraan bermotor. Volume kendaraan bermotor yang tinggi dapat memicu pencemaran udara, khususnya konsentrasi Karbon Monoksida (CO) yang berasal dari gas buang kendaraan bermotor yang dapat melampaui kemampuan serapan tanaman penghijauan perkotaan yang berada di tepi dan median jalan. Oleh sebab itu, maka pencemaran udara yang diindikasikan dengan konsentrasi CO di sekitar Jalan Daan Mogot Kota Tangerang harus dikendalikan. Metode utama yang digunakan dalam riset ini adalah pembentukan model pengendalian pencemaran udara yang mencakup tiga faktor ilmu lingkungan yaitu faktor sosial, lingkungan alam, dan lingkungan buatan yang disintesis dan dideskripsikan ke dalam suatu kerangka konsep pengendalian pencemaran udara di wilayah perkotaan. Metode yang digunakan yaitu uji statistika, regresi linear, penghitungan volume kendaraan, model Gaussian Line Source, dan sistem informasi geografis. Riset ini menghasilkan model pengendalian pencemaran udara yang menunjukkan bahwa optimasi penanaman pohon di tepi jalan dan pengurangan penggunaan kendaraan pribadi memberikan nilai serapan konsentrasi dan emisi tertinggi dibandingkan skenario model lainnya.

Air pollution is the most common problem in urban areas. Population growth and movement accompanied by poor environmental care behavior and awareness of air pollution are the main issues in urban areas that trigger an increase in the volume of motorized vehicles. The high volume of motorized vehicles can trigger air pollution, especially the concentration of Carbon Monoxide (CO) from motor vehicle exhaust gases which can exceed the absorption capacity of urban greening plants located on the edges and medians of roads. Therefore, the air pollution indicated by the concentration of CO around Daan Mogot Street, Tangerang City must be controlled. The main method used in this research is the formation of an air pollution control model that includes three environmental science factors, namely social factors, natural environment, and artificial environment which are synthesized and described into a conceptual framework for controlling air pollution in urban areas. The methods used are statistical tests, linear regression, vehicle volume calculations, Gaussian Line Source models, and geographic information systems. This research produces an air pollution control model which shows that the optimization of tree planting on the side of the road and reducing the use of private vehicles provides the highest concentration and emission absorption values ​​compared to other model scenarios.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Muhardiyan Erawan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia, 2021
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LIbUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xxiv, 109 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-25-14678235 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920558198
Cover