UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pengaruh Tingkat E-Learning Readiness dan Tingkat Second Digital Divide Terhadap Tingkat Partisipasi Online dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) = The Effect of E-Learning Readiness and Second Digital Divide Levels on Online Participation Levels in Distance Learning

Fitria Jovanka Putri; Pattinasarany, Indera Ratna Irawati, supervisor; Lucia Ratih Kusumadewi, examiner (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Pandemi Covid-19 memberikan dampak perubahan dalam metode pembelajaran yang dikenal dengan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh). Partisipasi online peserta didik dalam PJJ sangat mempengaruhi berhasil atau tidaknya kegiatan PJJ tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat partisipasi online peserta didik dalam kegiatan PJJ, dengan mengkaji variabel tingkat kesiapan peserta didik dalam menghadapi perubahan metode pembelajaran secara online dan variabel ketidaksetaraan dalam hal mengakses internet yang diakibatkan oleh adanya perbedaan jaringan sosial ekonomi dan modal sosial. Studi sebelumnya mengenai Partisipasi Pembelajaran Jarak Jauh menunjukkan bahwa masih banyak tantangan-tantangan yang dihadapi yang mengganggu jalannya proses pembelajaran. Tantangan tersebut bisa ditemui dari dalam atau luar individu. Dari dalam individu dapat dilihat melalui kesiapan dalam pengadopsian teknologi digital. Sementara dari luar individu dapat dilihat melalui kemampuan yang dimiliki atau tidaknya dalam mengakses internet, yang dalam hal ini mengacu pada jaringan sosial ekonomi dan modal sosial yang dimiliki. Oleh karena itu, peneliti berargumen bahwa e-learning readiness dan second digital divide memberikan pengaruh pada partisipasi online siswa/mahasiswa dalam pembelajaran jarak jauh yang sedang dilakukan pada saat ini. Metode kuantitatif ini menggunakan menggunakan data primer dimana dihimpun dengan menggunakan teknik survei yang disebarkan secara daring pada sampel dari populasi peserta didik yang mengikuti kegiatan PJJ.

The Covid-19 pandemic has an impact on changes in the learning method known as distance learning. The online participation of students in distance learning greatly affects the success or failure of these distance learning activities. This study aims to see the level of online participation of students in PJJ activities by examining the level of readiness of students in facing changes in online learning methods and inequality in accessing the internet which is caused by differences in socio-economic networks and social capital. Previous studies on Participatory Distance Learning show that there are still many challenges faced that interfere with the course of the learning process. These challenges can be met from within or outside the individual. From within the individual can be seen through readiness in adopting digital technology. While from outside the individual can be seen through the ability they have or not in accessing the internet, which in this case refers to the socio-economic network and social capital they have. Therefore, the researcher argues that e-learning readiness and the second digital divide have an influence on students' online participation in distance learning that is being carried out at this time. The method used in this quantitative research is to use primary data collected through survey techniques that are distributed online to a sample of the learners population participating in PJJ activities.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Fitria Jovanka Putri.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xix, 140 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-25-57809646 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920558172
Cover