UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Lagu dan Media Sosial: Pengunggahan Lagu sebagai Penyampaian Pesan Personal dan Emosional pada Instagram Story = Song and Social Media: Uploading Song to Share Personal and Emotional Messages on Instagram Story

Jihan Salsabila; Chandra Kirana, supervisor; Nissa Cita Adinia, examiner; Ade Armando, examiner (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Penelitian ini berawal dari fenomena menyebarkan lagu melalui Insta Story dengan tujuan untuk menyampaikan pesan kepada seseorang. Penelitian terdahulu menunjukkan adanya kebutuhan untuk membagikan pengalaman emosional. Menggunakan teori Uses and Gratification, penelitian ini berusaha menjelaskan alasan dari pemilihan lagu dan InstaStory sebagai media untuk menyampaikan pesan personal dan emosional. Pemilihan media ini menjadi menarik karena pesan yang disampaikan merupakan pesan personal dan emosional, tetapi media yang dipilih merupakan media yang memungkinkan pesan diterima oleh sekelompok orang. Penelitian ini menggali pengalaman dan pandangan dari Generasi Z mengenai pemilihan media untuk menyampaikan pesan personal dan emosional menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lagu dan media sosial menjadi dua hal yang erat hubungannya dengan kehidupan kelompok usia muda. Generasi Z menggunakan kedua hal ini untuk mengekspresikan dan membagikan pengalaman emosional mereka kepada seseorang atau kepada sekelompok teman. Lagu dan InstaStory memberikan kemudahan untuk menyampaikan pesan personal dan emosional yang sulit untuk diungkapkan secara langsung. Kebutuhan untuk menyampaikan pesan personal dan emosional dapat terpenuhi tanpa perlu menuliskan pengalaman emosional secara rinci.

This research started from the phenomenon of uploading songs through InstaStory to convey a message to someone. Past research suggests there is a need to share emotional experiences. With the Uses and Gratification Theory, this study tries to explain the aim of choosing songs and InstaStory as a medium to convey personal and emotional messages. The selection of this media is interesting because the message conveyed is private and emotional, but the media chosen is a medium that allows the message received by a group of people. This study explores the experiences and views of Generation Z regarding the choice of media to convey personal and emotional messages using qualitative methods. The results show that songs and social media are two things that are closely related to the lives of young age groups. Generation Z uses song and InstaStory to express and share their emotional experiences with a person or with a group of friends. Songs and InstaStory make it easy to convey personal and emotional messages that are difficult to express in person. Generation Z can fulfill their need to communicate private messages without describing down detailed emotional experiences.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Jihan Salsabila.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 89 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-25-73628238 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920557867
Cover