UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Lebih Terbuka, Lebih Rendah Hati: Pengaruh Ciri Kepribadian Openness terhadap Intellectual Humility pada Mahasiswa melalui Peran Mediasi Need for Cognition = More Open, More Humble: The Effect of Trait Openness on Intellectual Humility in College Students through the Mediating Role of Need for Cognition

Siti Nur Khodijah; Sianipar, Agnes Nauli Shirley W., supervisor; Donny Hendrawan, examiner; Luh Surini Yulia Savitri, examiner (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Sejak pembelajaran daring selama pandemi dilangsungkan, mahasiswa dituntut untuk lebih terbuka dan fleksibel dalam menghadapi situasi pembelajaran yang berbeda. Intellectual humility (IH) hadir sebagai suatu kebajikan yang mendukung seseorang untuk berpikir fleksibel dalam memperoleh pengetahuan melalui keterlibatan kesadaran akan kekeliruan intelektual yang mungkin dimiliki. Diketahui terdapat ciri kepribadian yang disinyalir mempengaruhinya, yakni openness to experience. Namun, openness berdampak pada konteks kehidupan yang luas. Untuk mengetahui mekanisme pengaruh openness pada intellectual humility secara spesifik dalam konteks pembelajaran, disertakan need for cognition sebagai mediator. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh langsung dari openness terhadap IH maupun pengaruh tidak langsung melalui mediasi oleh NFC. Pengumpulan data dilakukan melalui pengisian kuesioner daring dari alat ukur Comprehensive Intellectual Humility Scale (CIHS), Big Five Inventory (BFI), dan Need for Cognition Scale. Dari 205 mahasiswa, ditemukan bahwa openness secara signifikan mempengaruhi IH melalui NFC sebagai mediator. Meski demikian, tidak ditemukan pengaruh langsung antara openness terhadap IH. Temuan ini mengindikasikan kepemilikan kerendahan hati intelektual akan berkembang semakin tinggi pada individu yang memiliki ciri kepribadian terbuka sekaligus kebutuhan akan kognisi yang tinggi.

Since online learning during pandemic took place, college students are required to be more open and flexible in dealing with different learning situations. Intellectual humility (IH) serves as a virtue that supports a person to think flexibly in acquiring knowledge through awareness of one’s intellectual fallibility. There are fews personality traits that allegedly influence IH, among which is openness to experience. However, openness has an impact on various contexts of life. To examine the mechanism of the effect of openness on intellectual humility, specifically on learning context, the need for cognition is included as a mediator. This study aims to examine whether there is a direct effect of openness on IH and an indirect effect through mediation role of NFC. Data was collected through an online questionnaire which contains Comprehensive Intellectual Humility Scale (CIHS), Big Five Inventory (BFI), and Need for Cognition Scale. From 205 college students, it was found that openness significantly affected IH through NFC as a mediator. Nevertheless, no direct effect was found between openness on IH. These findings indicate that intellectual humility will be higher in individuals who have a high level of openness and a high level of need for cognition.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Siti Nur Khodijah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xv, 74 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi :
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-25-68599017 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920557813
Cover