UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Dukungan Sosial Orang Tua terhadap Anak dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di TK Labschool Jakarta = Social Support of Parents for Children in Distance Learning (PJJ) at TK Labschool Jakarta

Ninda Permata Khairani; Dini Widinarsih, supervisor; Fentiny Nugroho, examiner; Ety Rahayu, examiner; Arif Wibowo, examiner (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Skripsi ini membahas mengenai dukungan sosial yang diberikan oleh orang tua terhadap anak dalam pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di TK Labschool Jakarta. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan bentuk-bentuk dukungan sosial orang tua terhadap anak dalam pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di TK Labschool Jakarta; (2) mendeskripsikan faktor pendorong dan penghambat pemberian dukungan sosial orang tua terhadap anak dalam pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di TK Labschool Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan sejak April hingga Juli 2021, melalui wawancara mendalam secara daring dengan para informan yaitu wakil kepala sekolah, guru, orang tua, dan anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk dukungan sosial yang diberikan oleh orang tua terhadap anak yaitu meliputi dukungan emosional, dukungan penghargaan, dukungan instrumental, dan dukungan informasi. Faktor pendorong dalam pemberian dukungan sosial oleh orang tua selama PJJ diantaranya adalah harapan orang tua agar anak dapat beradaptasi dalam sistem sekolah online, kekhawatiran orang tua bahwa anak akan kesulitan jika tidak didampingi karena anak masih berada di jenjang TK, dan terkait dengan tuntutan anak kedepannya. Sedangkan faktor penghambatnya adalah gangguan jaringan internet, kesibukan orang tua, dan kesulitan orang tua untuk menahan dan melatih kesabaran.

This thesis discusses about the social support provided by parents for their children during the implementation of Distance Learning (PJJ) at TK Labschool Jakarta. The objectives of this research are: (1) to describe the forms of parental social support for children during the implementation of Distance Learning (PJJ) at TK Labschool Jakarta; (2) to describe the motivating and inhibiting factors for providing parental social support to children during the implementation of Distance Learning (PJJ) at TK Labschool Jakarta. This research uses a qualitative approach and the type of descriptive research. This research was conducted from April to July 2021, through in-depth online interviews with informants, namely vice principal, teachers, parents, and children. The results showed that the forms of social support provided by parents to children include emotional support, appreciation support, instrumental support, and informational support. Factors that drive the parents in providing social support during Distance Learning (PJJ) include these matters: parents' expectations towards their children’s ability to adapt to the online-school system, parents' concerns on their children’s ability to study online by themselves since the children are still at Kindergarten level, and other things related to the demands of their children in the future. While the inhibiting factors are internet network disturbances, busy parents, and parents' difficulties in holding back themselves and practice patience.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Ninda Permata Khairani.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 82 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 146-25-77425337 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920557381
Cover