UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Peran Modal Sosial Mahasiswa FISIP UI dalam Menjalankan Usaha Online saat Pandemi Covid-19 = The Role of Social Capital of FISIP UI Students in Running an Online Business During the Covid-19 Pandemic

Naela Adiba; Sari Viciawati Machdum, supervisor; Sofyan Cholid, examiner; Ety Rahayu, examiner; Dini Widinarsih, examiner (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Penelitian ini membahas mengenai peran Modal Sosial yang dimiliki oleh para pelaku usaha online Mahasiswa FISIP UI dalam menjalankan usaha online nya di saat pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Informan dalam penelitian ini ialah 8 Mahasiswa FISIP UI yang memiliki usaha online saat pandemi Covid-19 dan 1 informan perwakilan dari BEM FISIP UI. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah wawancara mendalam secara daring serta observasi virtual yang dilakukan pada tahun 2021. Hasil penelitian ini menguraikan bentuk-bentuk modal sosial yang dimiliki Mahasiswa FISIP UI beserta peran modal sosial tersebut terhadap usaha online Mahasiwa FISIP UI. Adapun peran modal sosial yang dimiliki Mahasiswa FISIP UI pada usaha online yang mereka jalani ialah; jaringan sosial berperan dalam memasarkan produk usaha; dukungan sosial yang dimiliki berperan dalam memotivasi untuk menjalankan usaha online; kolektif di masyarakat untuk saling membantu bisnis orang lain di tengah kondisi pandemi.

This study discusses the role of Social Capital owned by online business actors FISIP UI students in running their online businesses during the Covid-19 pandemic. This study uses a qualitative approach with a descriptive type of research. The informants in this study are 8 FISIP UI students who have online businesses during the Covid-19 pandemic and 1 representative informant form BEM FISIP UI. The data collection technique used in this research is in-depth online interviews and virtual observations conducted in 2021. The results of this study describe the forms of social capital owned by FISIP UI students and the role of social capital in the online business of FISIP UI students. The roles of social capital owned by FISIP UI students in the online businesses they run are; social networkds play a role in marketing business products; social support has a role in motivating to run an online business; collective values in society to help each other's business in the midst of a pandemic.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Naela Adiba.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : ix, 131 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-25-96522593 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920557367
Cover