The game industry has now created various types of games such as mobile games and
console games. The existence of these two types of games also raises the types of players or game
consumers who have different preferences, namely players who like to play mobile games only,
players who like playing console games only, and players who like to play both types of games.
This study aims to determine what factors influence a game player when choosing between
console games, mobile games, and both. The focus of this study can be shown through the
independent variables used in this study consisting of age, gender, game graphic features, game
complexity, activity, time flexibility, excitement, social interaction, challenge, immersion,
competition, fun, mobile preference, console preference, sarjana, high income and the dependent
variable are consumer choices consisting of console games, mobile games, and those who play
both. Data were obtained using an online survey with a questionnaire, with coverage for people
who have played games and are above 18 years old.
By using the multinomial logistic regression method and use mobile games as the base,
this study founds the variables that influence game players to choose to play console games over
mobile games are console preference, sarjana, and time flexibility. Then, the variables that
influence game players to choose to play both types of games compared to mobile games are age,
gender, degree, mobile preference and game graphic features.
ixUniversitas IndonesiaABSTRAKIndustri game saat ini telah memunculkan berbagai tipe game seperti mobile game danconsole game. Adanya kedua tipe game ini juga memunculkan tipe-tipe pemain atau konsumengame yang memiliki preferensi berbeda berbeda yaitu pemain yang menyukai bermain mobilegame saja, pemain yang menyukai bermain console game saja, dan pemain yang menyukaibermain kedua tipe game.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhiseorang pemain game ketika memilih di antara console game, mobile game, dan keduanya. Fokusdari penelitian ini variabel-variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini yang terdiridari umur, jenis kelamin, fitur grafik game, kompleksitas permainan, aktivitas, time flexibility,excitement, social interaction, challenge, immersion, competition, fun, mobile preference, consolepreference, sarjana, income dan variabel dependen yang merupakan pilihan konsumen yang terdiridari console games, mobile games, dan yang bermain keduanya. Data diperoleh menggunakanonline survey dengan kuesioner, dan dengan cakupan untuk orang-orang yang pernah bermaingame dan berusia di atas 18 tahun.Dengan menggunakan metode multinomial logistic regression dan menggunakan mobilegame sebagai base, studi ini menemukan bahwa variabel yang mempengaruhi para pemain gameuntuk memilih bermain console game dibandingkan mobile game adalah console preference,sarjana, dan time flexibility. Lalu, variabel yang mempengaruhi para pemain game untuk memilihbermain kedua tipe game dibandingkan mobile game saja adalah age, jenis kelamin, sarjana,mobile preference dan fitur grafik game.