UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Literasi Keuangan sebagai Moderator dalam Hubungan Akses Keuangan, dan Pertumbuhan UMKM Kreatif di Indonesia = Financial literacy as a Moderator in The Relationship between Access to Finance and Growth of Creative SMEs in Indonesia

Monica Puspita Sari; Viverita, supervisor; Dwi Nastiti Danarsari, examiner; Asiah Muchtar, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Dalam beberapa tahun terakhir, ekonomi kreatif menjadi istilah baru yang dibentuk karena perannya yang signifikan kepada perekonomian Indonesia dilihat dari kontribusi PDB, penyerapan tenaga kerja, dan nilai ekspor. Perkembangan ini tentunya ditopang oleh UMKM yang menguasai sekitar 99,99% ukuran usaha di Indonesia. Tetapi pada nyatanya, tidak banyak UMKM Kreatif yang mempergunakan akses keuangan formal, sebagian besar masih menggunakan modal sendiri. Literasi keuangan dianggap menjadi sumber daya yang penting bagi UMKM untuk bisa mengurangi information asymmetry perbankan. Literasi keuangan dipercayai mampu mempermudah akses keuangan UMKM dan membantu UMKM untuk mengelola usahanya dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran literasi keuangan dalam hubungan antara akses keuangan dan pertumbuhan UMKM Kreatif di Indonesia. Dengan melibatkan 109 UMKM Kreatif pada tahun 2019 sebagai responden yang diolah dengan PLS-SEM, penelitian ini menemukan bahwa moderasi literasi keuangan menghasilkan hasil yang berbeda di tingkat yang lebih tinggi. Yang mana dengan kepemilikan literasi keuangan yang tinggi tidak menjadikan hubungan akses keuangan dan pertumbuhannya menguat. Walaupun begitu, akses keuangan dan literasi keuangan masing-masing memiliki pengaruh positif pada pertumbuhan.

In recent years, The Creative Economic has become a new term formed because of its significant role in the Indonesian economy, seen from the contribution of GDP, employment, and export value. This development is supported by SMEs, which control around 99,99% of business sizes in Indonesia. However, not many Creative SMEs use formal financial access; most of them still use their capital or personal financing. Financial literacy is an essential resource for SMEs to be able to reduce banking information asymmetry. Financial literacy is believed to facilitate SMEs’ financial access and help SMEs manage their business well. This study aims to determine the role of financial literacy in the relationship between access to finance and the growth of Creative SMEs in Indonesia. By involving 109 Creative SMEs in 2020 as respondents processed with PLS-SEM, this study found that financial literacy as a moderator produced different results at a higher level. This finding means that having higher financial literacy does not make the relationship between access to finance and growth stronger. However, each access to finance and financial literacy has a positive influence on the growth of Creative SMEs.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Monica Puspita Sari .pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xvi, 104 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-25-94336574 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920556332
Cover