UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisis Faktor-faktor yang Memengaruhi Persepsi Pegawai Mengenai Dampak Pembelajaran Secara E-learning Terhadap Individu = Analysis of Factors Affecting Employee's Perceptions Regarding E-learning Impact on Individuals

Herina Nurhayati; Riani Rachmawati, supervisor; Budi W. Soetjipto, examiner; Fanny Martdianty, examiner (Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak pembelajaran e-learning yang dipersepsikan oleh pegawai di Kementerian Keuangan beserta faktor-faktor yang memengaruhinya berdasarkan teori information system success model (IS Success Model) dari DeLone dan McLean (1992, 2003, 2016). IS Success Model dari DeLone dan McLean dikembangkan pada penelitian ini dengan menambahkan dua variabel bebas, yaitu variabel dukungan manajemen dan motivasi belajar. Responden pada penelitian ini adalah pegawai Kementerian Keuangan yang telah menyelesaikan minimal 1 (satu) pembelajaran secara e-learning pada KLC versi 2 (KLC 2.0.) dalam kurun waktu 1 (satu) satu tahun terakhir. Total responden pada penelitian ini berjumlah 962 orang. Hasil penelitian dapat mengonfirmasi 10 dari 13 hipotesis yang diajukan. Teori IS Success Model dari DeLone dan McLean (1992, 2003, 2016) telah terbukti dapat diterapkan pada konteks e-learning pada organisasi publik di Indonesia, kecuali untuk kualitas informasi yang meskipun berpengaruh positif terhadap penggunaan pembelajaran, namun pengaruhnya tidak signifikan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa variabel dukungan manajemen berpengaruh positif tetapi tidak signifikan pada penggunaan pembelajaran dan kepuasan pengguna. Motivasi belajar terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan pembelajaran dan kepuasan pengguna. Penggunaan dan kepuasan terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap dampak pembelajaran.

This study aims to analyze the factors that contributing to the perceived e-learning impact on individual at the Ministry of Finance based on the information system success model from DeLone and McLean (1992, 2003, 2016). The model was developed in this study by adding two independent variables, namely management support and learning motivation. Respondents in this study were employees of the Ministry of Finance who had completed at least 1 (one) e-learning in KLC version 2 (KLC 2.0.) during the last 1 (one) year. The total respondents in this study were 962 people. The results of the study can confirm 10 of the 13 proposed hypotheses. The theory of the information system success model from DeLone and McLean (1992, 2003, 2016) has been shown to be applicable in the context of e-learning in public organizations in Indonesia, except for the information quality, which has a positive yet insignificant effect on the use of learning. The results also show that the management support has a positive but insignificant effect on use and user satisfaction. Learning motivation is proven to have a positive and significant effect on use and user satisfaction. Use and user satisfaction are proven to have a positive and significant effect on the perceived e-learning impact on individual.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Herina Nurhayati.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2021
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 163 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-25-99199498 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920555584
Cover