Data empiris dan penelitian sebelumnya menemukan bahwa Sekolah Menengah Umum (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Indonesia masih menghadapi tingkat pengangguran yang tinggi dan perbedaan pendapatan di pasar tenaga kerja. Kualitas SMA/SMK secara tidak langsung dapat memengaruhi perbedaan pendapatan karena lama pendidikan sebagai output pendidikan dipengaruhi oleh input pendidikan, salah satunya kualitas sekolah. Dengan menggunakan Indonesia Family Live Survey (IFLS) gelombang 3 – 5, perbedaan imbal hasil pendidikan antara lulusan SMA dan SMK secara statistik tidak signifikan disebabkan oleh perbedaan kualitas sekolah. Namun, jika dianalisis di dalam SMK, lulusan SMK yang berkualitas secara langsung meningkatkan partisipasi kerja dan secara tidak langsung meningkatkan akses ke pendidikan tinggi. Oleh karena itu, lulusan dari SMK yang berkualitas memiliki pendapatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan lulusan dari SMK yang relatif berkualitas rendah. Temuan ini menunjukkan pentingnya kualitas sekolah terhadap hasil pasar kerja, khususnya di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), sehingga kebijakan yang berfokus pada peningkatan kualitas sekolah perlu ditingkatkan.
Empirical data and previous research found the General High School (SMA) and Vocational High School (SMK) in Indonesia are still facing high unemployment rates and income differences in the labor market. The quality of SMA/SMK could indirectly affect the differences in income because the years of education as an educational output are affected by educational inputs, one of which is the school quality. Using the Indonesia Family Live Survey (IFLS) wave 3–5, the difference in return to education between SMA and SMK graduates is not statistically significant, caused by the differences in school quality. However, analyzing within SMK, the graduates from good quality SMK directly increase work participation and indirectly increase access to tertiary education. Hence, graduates from good quality SMK have higher income compared to the ones from relatively low-quality SMK. This finding shows the importance of school quality on the labor market outcomes, especially in vocational high schools (SMK), so that policy focusing on improving school quality should be enhanced.