Kepolisian Demokratis Democratic Policing) Reserse Polri dengan
Pendekatan Soft Systems Methodology
Penerapan bernegara di masa otoritarianisme di masa lalu menempatkan Polri untuk tunduk
pada kontrol militer dan mengadopsi cara-cara militeristik dalam menegakkan hukum dan
melayani masyarakat. Akibatnya lahirlah berbagai bentuk penyimpangan mandat tugas seperti
pelanggaran HAM, penggunaan kekerasan secara berlebihan (excessive use of force), dan
penyalahgunaan kekuasaan serta korupsi. Sebagai upaya menjaga keseimbangan dalam kepolisian
demokratis (democratic policing) membutuhkan sumber daya dari kapasitas negara (state
capacity) dan keinginan dari pemerintah untuk melaksanakan kekuasaan negara. Suatu
pemerintahan yang demokratis harus bersedia untuk mengembangkan lembaga-lembaga negara
seperti kepolisian yang memungkinkan secara efektif memerangi kejahatan dan gangguan sosial,
sementara pada saat yang bersamaan membatasi kemampuan polisi untuk melakukan kekuatan
fisik yang dapat melanggar HAM.
Terdapat tiga dimensi kapasitas negara dalam kepolisian demokratis (Fichtelberg, 2013)
yaitu organisasi, profesionalisme dan legalitas. Ketiga dimensi dari kapasitas negara tersebut
belumlah cukup untuk dapat membangun kepolisian demokratis di suatu negara, terdapat
beberapa dimensi lain yang perlu ditelaah untuk memperkuat kapasitas negara dalam kepolisian
demokratis seperti dimensi institusi (Klockars, 1993), politik (Berkley, 1970), budaya (Bayley,
2006, & Dixon, 1999).
Dalam upaya memperkuat kapasitas negara (state capacity) dalam kepolisian demokratis
Reserse Polri, digunakan soft system methodology berbasis riset tindakan di mana alat bantu
intelektual berupa human activity systems dalam bentuk root definition, yang kemudian dibuat
model konseptualnya untuk research interest dan problem solving interest. Sesuai dengan kaidah
dalam soft system methodology berbasis riset tindakan, proses pembandingan dan debating ini
untuk tujuan penelitian teoretik yang melibatkan peneliti, promotor dan ko promotor serta para
penguji lainnya sebagai academic reviewers. Sedangkan untuk problem solving interest
melibatkan para pemangku kepentingan dari transformasi kepolisian konvensional kepada
kepolisian demokratis Reserse Polri dan praktisioner SSM.
Hasil penelitian ditemukan bahwa konstruksi teoritis untuk research interest yaitu perlunya
penguatan melalui pengembangan tiga dimensi kapasitas negara dalam kepolisian demokratis
yaitu organisasi, profesionalisme dan legalitas (Fichtelberg, 2013) yang dapat diperkuat dan
dikembangkan dengan dimensi institusi (Klockars, 1993), politik (Berkley, 1970), budaya
(Bayley, 2006, Dixon, 1999). Pengembangan dari tiga dimensi menjadi enam dimensi dari
kapasitas negara dalam membangun kepolisian demokratis merupakan novelty dari penelitian
yang bersifat research interest. Dimensi institusi, politik dan budaya juga merupakan dimensi
yang penting dan harus ada dalam kapasitas negara dalam membentuk institusi kepolisian
demokratis. Bareskrim Polri memiliki peluang untuk dapat melakukan transformasi kepolisian
melalui kepolisian demokratis (democratic policing) melakukan inovasi tata kelola kepolisian
sebagai pelayan publik, menjunjung tinggi supremasi hukum, etika kepolisian, dan hak asasi
manusia, menjaga akuntabilitas dan transparansi, struktur dan manajerial yang efektif dan efisien
dalam rangka mewujudkan perlindungan dan pelayanan terhadap masyarakat demokratis.
The implementation of the life of state during the past authoritarian era has put theIndonesian National Police under the military control and that the Indonesian Police had to adoptmilitaristic methods in enforcing the law and in serving the people. This has caused many formsof dereliction of duty such as violation of human rights, excessive use of force, abuse of powerand corruption. The effort to maintain the balance in democratic policing requires resources fromthe state capacity and political will of the government to implement the power of the state. Ademocratic government must be willing to develop state institutions such as police institutionwhich will fight against crime and social problems, and at the same time restrict police capabilitythat may violate against human rights.There three dimensions of the state capacity in democratic policing (Fichtelberg, 2013), namelyorganization, professionalism and legality. These three dimensions of the state capacity, however,are not yet enough to develop democratic policing in a nation. There are still other dimensions tobe explored in order to strengthen the state capacity in democratic policing, such as institutions(Klockars, 1993), politics (Berkley, 1970), and culture (Bayley, 2006, & Dixon, 1999).In the effort of strengthening the state capacity in democratic policing in the CriminalInvestigation Division, the Indonesian Police uses an action research based soft systemmethodology whereby intellectual device of human activity systems in the forms of rootdefinition, which then becomes the conceptual model for research interest and problem solvinginterest. In accordance with the principle in the action research based soft system methodology,the process of comparing and debating is for theoretical research purpose which involvesresearchers, promotors and co-promotors as well as other examiners being the academicreviewers. On the other hand, problem solving interest involves the stakeholders of thetransformation from conventional police to democratic police in the Criminal InvestigationDivision, the Indonesian Police and SSM practitioners.The research results show that the theoretical construction for research interest is the need ofempowerment through the development of three dimensions of state capacity in democraticpolicing, namely organization, professionalism and legality (Fichtelberg, 2013), which can bestrengthened and developed with such other dimensions as institutions (Klockars, 1993), politics(Berkley, 1970), and culture (Bayley, 2006, & Dixon, 1999).The development from threedimensions to six dimensions of the state capacity in establishing democratic police constitutesnovelty of research having the nature of research interest. Institution, politics and cultures arethree important dimensions and they should exist in the state capacity in establishing democraticpolicing. The Criminal Investigation Division of the Indonesian National Police has the chance toimplement police transformation through democratic policing and to make innovation in goodgovernance of the police as public servant, to uphold the supremacy of law, police ethics, humanrights, to keep accountability and transparency, effective and efficient structure and managementin the framework of providing protection and services to a democratic society.