UI - Disertasi Membership :: Kembali

UI - Disertasi Membership :: Kembali

Perilaku Agresif Guru: Peran Ekspresi Emosi Marah Siswa, Emosi Guru Dan Pengalaman Kekerasan = Teachers Aggressive Behaviors: The Role Of Students Anger Expression, Teachers Emotions, And The Experiences Of Violence

RA. Rangga Dewati Seri Beru Sakti Suryaningrat; Siahaan, Frieda Maryam Mangunsong, promotor (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Penelitian disertasi ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan faktor situasi (peristiwa siswa menunjukkan ekspresi emosi marah kepada guru), emosi marah/cemas guru, pengalaman kekerasan di masa lalu dengan perilaku agresif reaktif dan proaktif guru dengan menggunakan teori AET (Affective Events Theory). Studi 1 akan meneliti perbedaan penerimaan perilaku agresif guru. Studi 2 akan menjelaskan hubungan tidak langsung antara peristiwa siswa menunjukkan ekspresi emosi marah kepada guru dengan perilaku agresif reaktif dan proaktif melalui emosi marah dan cemas guru. Hasil penelitian disertasi ini memperlihatkan bahwa terdapat perbedaan penerimaan terhadap perilaku agresif fisik dan verbal guru, khususnya pada partisipan yang sering dengan yang jarang mengalami kekerasan di masa lalu. Artinya, terdapat indikasi pengalaman kekerasan di masa lalu dapat mempredisposisi perilaku agresif guru Selain itu, penelitian ini menemukan bahwa ekspresi emosi marah siswa memiliki hubungan tidak langsung dengan perilaku agresif reaktif guru melalui emosi marah dan cemas guru. Secara praktis, hasil penelitian ini mengindikasikan adanya kebutuhan mengembangkan pelatihan guru tentang perilaku agresif guru.

The aim of this study was to explain the relationships between situational factor (students’ anger expression), teachers’ anger and anxiety, previous experiences of violence with teachers’ reactive and proactive aggressive behaviors, Affective Events Theory. Study 1 aimed to identify the differences of the acceptance of teachers’ aggressive behaviors. Furthermore, in study 2, aimed to explain the indirect relationship of students’ anger expressions to reactive and proactive aggressive behaviors through teachers’ anger and anxiety. The results showed that there were significant differences on the acceptance of teachers' physically and verbally aggressive behavior, especially among participants who often experienced violence in the past, compared to participants who rarely experienced violence in the past. This study also found that students' anger expression has an indirect relationship with the teachers’ reactive aggressive behaviors through teachers’ anger and anxiety. In addition, this study indicated the need to develop teachers’ training programme about teachers’ aggressive behaviors.

 File Digital: 1

Shelf
 D-RA. Rangga Dewati Seri Beru Sakti Suryaningrat,.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Disertasi Membership
No. Panggil : D-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xix, 125 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
D-pdf 07-25-60440464 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920554738
Cover