Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Upaya peningkatan keterampilan berbicara Bahasa Jawa siswa kelas vi sekolah dasar dengan model pembelajaran stad dalam role playing

Supartinah; (Balai Bahasa Propinsi daerah Istimewa Yogyakarta, 2010)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan dan penguasaan keterampilan berbicara bahasa Jawa ragam Krama. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek seluruh siswa kelas VI SDN Keputran X Yogyakarta. Kegiatan penelitian meliputi penetapan masalah, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan interpretasi, refleksi, evaluasi dan refleksi, serta simpulan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan penilaian. Analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) penerapan pendekatan STAD dalam role playing untuk pembelajaran berbicara bahasa Jawa ragam Krama dapat meningkatkan prestasi berbicara siswa sesuai dengan adanya peningkatan nilai rata-rata sebesar 5 poin, yaitu dari 55 menjadi 60 dan (2) meningkatkan motivasi siswa dalam belajar berbicara bahasa Jawa sesuai dengan adanya peningkatan motivasi sebesar 33%, yaitu dari 62% menjadi 95%.

 Metadata

Jenis Koleksi : Artikel Jurnal
No. Panggil : 407 WID 38:2 (2010)
Entri utama-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Yogyakarta: Balai Bahasa Propinsi daerah Istimewa Yogyakarta, 2010
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 02159171
Majalah/Jurnal : Jurnal Ilmiah Kebahasaan dan Kesastraan
Volume : Vol. 38, No. 2, Desember 2010: Hal. 117-126
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume
Akses Elektronik : file:///Users/jurnal/Downloads/16-30-1-SM.pdf
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4 R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
407 WID 38:2 (2010) 08-24-42890118 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920553145
Cover