UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Penyusunan Standar Materi Edukasi Penggunaan Lensa Kontak = The Development of Educational Material Standards for Contact Lens Usage

Christella Caroline; Sitompul, Ratna, supervisor; Umar Mardianto, supervisor; Wawan Mulyawan, supervisor; Lee, Cheni, supervisor; Andi Arus Victor, examiner; Tri Rahayu, examiner; Mutmainah, examiner (Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2024)

 Abstrak

Latar belakang: Pengetahuan dan perawatan lensa kontak yang baik merupakan faktor yang memengaruhi keamanan dan risiko komplikasi akibat penggunaan lensa kontak. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan materi edukasi yang valid dan dapat digunakan sebagai standar materi edukasi bagi penjual lensa kontak sehingga informasi yang akurat dapat diberikan kepada seluruh pengguna lensa. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang terdiri dari 2 tahap, yaitu pengembangan materi edukasi dan validasi. Pengembangan materi edukasi diawali dengan tinjauan pustaka dan kesepakatan ahli melalui metode modifikasi Delphi. Item materi edukasi yang telah melalui seleksi ahli kemudian dibuat menjadi brosur, presentasi, dan checklist untuk divalidasi kepada penjual dan pengguna lensa kontak. Hasil: Item materi edukasi yang disepakati melalui metode modifikasi Delphi berjumlah 38 item materi. Nilai validasi konstruk materi edukasi adalah 3,54. Kesimpulan: Materi edukasi termasuk dalam kategori sangat valid sehingga dapat dipakai sebagai materi edukasi bagi penjual dan pengguna lensa kontak di Indonesia.

Background: The safety and risk of complications from contact lens use are influenced by factors such as proper knowledge and maintenance. Objective: To produce valid educational materials that can be used as standard educational materials for contact lens sellers in order to provide accurate information. Methods: This research is a qualitative research that consists of two stages, namely the development of educational material and validation. The development of educational materials began with a literature review and expert agreement through Delphi modification methods. Educational material that had been selected by experts were then made into brochures, presentations, and checklists for validation to the sellers and contact lens users. Results: There were 38 different educational materials that were agreed upon using the Delphi modification method. The construct validation value of the education material is 3,54. Conclusion: The educational material falls into the extremely valid category and can be utilized by Indonesian contact lens wearers and salespeople.

 File Digital: 1

Shelf
 SP-Christella Caroline.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : SP-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2024
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xv, 121 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
SP-pdf 16-25-98984206 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920549658
Cover