UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Peran Resiliensi Akademik terhadap Psychological Wellbeing pada Mahasiswa = The Role of Academic Resilience on Psychological Wellbeing among College Students

Yasmin Syifa Syauqiyah; Linda Primana, supervisor; Ratna Djuwita, examiner; Eva Septiana, examiner (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2024)

 Abstrak

Beragam kesulitan dan tuntutan akademik dapat terjadi pada mahasiswa ketika memasuki perguruan tinggi. Mereka dituntut untuk mampu beradaptasi dalam menghadapi tantangan dan kegagalan selama menjalani studi hingga tamat. Hal itulah yang membuat mahasiswa tidak lepas dari berbagai hal yang menimbulkan rasa stres dan kurang menerima diri sehingga bisa berdampak pada psychological wellbeing mereka. Beberapa penelitian terdahulu telah menemukan bahwa psychological wellbeing dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah resiliensi akademik. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk melihat peran resiliensi akademik terhadap psychological wellbeing pada mahasiswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik analisis statistik regresi linear sederhana. Alat ukur yang digunakan adalah Ryff’s Psychological Wellbeing Scale dan Academic Resilience Scale-30. Partisipan penelitian ini melibatkan 238 mahasiswa (Perempuan = 73.9%; mean usia = 21.44; SD = 0.823). Hasil penelitian menunjukkan bahwa resiliensi akademik memiliki peran yang signifikan dan positif terhadap psychological wellbeing mahasiswa sebesar 33.7%. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana resiliensi akademik berperan penting terhadap psychological wellbeing mahasiswa.

The academic difficulties and demands can be faced by students when they pursue higher education. They are required to be adaptable in facing challenges and failures along their studies until they successfully graduate. This situation causes these college students to experience various issues that lead to stress and low self-esteem, which can impact their psychological wellbeing. Previous studies have found that psychological wellbeing is influenced by various factors, one of which is academic resilience. Therefore, the aim of this study is to examine the role of academic resilience in the psychological wellbeing of students. This research is a quantitative study using simple linear regression analysis techniques. The measurement tools used are the Academic Resilience Scale-30 and Ryff’s Scale of Psychological Wellbeing. The participants of this study involved 238 college students (Female = 73.9%; mean age = 21.44; SD = 0.823). The results of the study indicate that academic resilience has a significant and positive role in the psychological wellbeing of these students, accounting for 33.7%. The research results are expected to provide a deeper understanding of how academic resilience contributes to psychological wellbeing among college students.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Yasmin Syifa Syauqiyah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2024
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LIbUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 60 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-24-46529177 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920546773
Cover