UI - Dokumentasi :: Kembali

UI - Dokumentasi :: Kembali

Analisis elemen aida pada media sosial instagram @perpusjky sebagai sarana promosi = Analysis of AIDA elements on instagram social media @perpusjkt as a promotional tool

Sari Huwaidhah; Yeni Budi Rachman, supervisor; Indira Irawati, examiner; Fuad Gani, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024)

 Abstrak

Perpustakaan Jakarta merupakan salah satu perpustakaan umum di Jakarta. Perpustakaan ini menggunakan dan memanfaatkan media sosial salah satunya Instagram sebagai sarana promosi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan memahami sejauh mana elemen AIDA diterapkan dalam promosi perpustakaan di Instagram dan mengetahui tanggapan audiens Instagram Perpustakaan Jakarta @perpusjkt terhadap promosi tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dalam hal pengumpulan data, peneliti ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Teknik pengolahan data dan analisis data menggunakan model analisis data Miles dan Huberman. Pemilihan informan penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akun Instagram Perpustakaan Jakarta @perpusjkt telah menerapkan dan memiliki strategi promosi yang sesuai dengan teori AIDA serta memiliki tanggapan yang beragam dari audiens terhadap implementasi elemen AIDA (Attention, Interest, Desire, dan Action).

The Jakarta Library is one of the public libraries in Jakarta. This library utilizes social media, including Instagram, as a promotional tool. This study aims to analyze and understand the extent to which the AIDA elements are applied in the library's promotion on Instagram and to know the audience's response to the promotions on the Jakarta Library's Instagram @perpusjkt. The research method used is qualitative with a case study approach. Data collection techniques include interviews, observations, and document analysis. Data processing and analysis techniques use the Miles and Huberman data analysis model. The selection of informants for this study was done through purposive sampling. The research results indicate that the Instagram account of Jakarta Library @perpusjkt has implemented and adopted a promotional strategy in accordance with the AIDA theory, and has received diverse responses from the audience regarding the implementation of AIDA elements (Attention, Interest, Desire, and Action).

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Sari Huwaidhah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Dokumentasi
No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
Physics42 pages
Typetext
Formatonline resource
Languageind
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-24-08605393 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920546203
Cover