Alat kesehatan memiliki perkembangan yang pesat setiap tahunnya dan hal tersebut menjadikan tahun menjadikan kebutuhan pasar terhadap alat kesehatan semakin tinggi. PT. MJG merupakan suatu distributor alat kesehatan dan farmasi yang telah berdiri sejak tahun 2004. Pada saat proses pengadaan, penyimpanan, dan pendistribusian alat kesehatan, seluruh Distriutor Alat Kesehatan (DAK) wajib menerapkan pedoman teknis CDOB dan CDAKB. Aspek personalia, bangunan, dan fasilitas merupakan beberapa aspek yang terdapat pada pedoman teknis CDOB dan CDAKB. Penyususnan laporan tugas khusus ini bertujuan untuk mengkaji kesesuaian implementasi aspek personalia, bangunan, dan fasilitas di PT. MJG dengan yang dipersyaratkan pada CDOB dan CDAKB. Informasi pendukung diperoleh penyusun melalui proses wawancara dengan staf PT. MJG disertai adanya studi literatur, pengamatan, analisis, dan pengkajian kesesuaian aktual pelaksanaan implementasi aspek personalia, bangunan, dan fasilitas di PT. MJG dengan yang telah dipersyaratkan pada CDOB dan CDAKB. Pada aspek pengelolaan sumber daya atau personalia, terdapat beberapa hal yang dilakukan pengkajian kesesuaian, diantaranya adalah jumlah SDM, sistem penerimaan SDM, perencanaan pelatihan umum dan khusus bagi personalia, prosedur tetap bagi personil, dan pelaksanaan evaluasi pelatihan, sedangkan pada aspek bangunan dan fasilitas, hal yang dilakukan pengkajian adalah desain, sistem keamanan, pemeliharaan, keamanan, dan kebersihan bangunan, jumlah ruang penyimpanan, jenis fasilitas, serta program pengendalian hama. Berdasarkan proses pengamatan dan analisis yang telah dilakukan, aspek personalia, bangunan, dan fasilitas di PT. MJG diketahui telah diimplementasikan dengan baik dan sesuai oleh PT. MJG seperti yang dipersyaratkan pada CDOB dan CDAKB.
Healthcare equipment has been rapidly developing every year, leading to an increasing demand for healthcare devices in the market. PT. MJG is a distributor of healthcare and pharmaceutical equipment, established since 2004. During the procurement, storage, and distribution processes of healthcare equipment, all Healthcare Equipment Distributors are required to adhere to the technical guidelines of CDOB and CDAKB. Personnel, infrastructure, and facilities are some aspects covered by the technical guidelines of CDOB and CDAKB. The preparation of this special task report aims to assess the compatibility of the implementation of personnel, infrastructure, and facilities aspects at PT. MJG with the requirements outlined in CDOB and CDAKB. Supporting information was obtained by the author through interviews with PT. MJG staff, along with literature review, observation, analysis, and an assessment of the actual compatibility of implementing personnel, infrastructure, and facilities aspects at PT. MJG with the stipulated requirements of CDOB and CDAKB. In terms of resource management or personnel, several aspects were assessed for compatibility, including the number of human resources, the HR selection system, general and specific training planning for personnel, standard procedures for personnel, and training evaluation implementation. Regarding infrastructure and facilities aspects, the assessment included design, security systems, maintenance, security, and cleanliness of buildings, storage space quantity, facility types, and pest control programs. Based on the observation and analysis conducted, it is evident that the personnel, infrastructure, and facilities aspects at PT. MJG have been well and appropriately implemented by PT. MJG, as required by CDOB and CDAKB.