Gen Z tumbuh dengan banyaknya pengaruh dari internet dan media sosial. Pemilihan
aktivitas waktu luang juga dapat dipengaruhi oleh influencer di media sosial. Salah
satunya melalui pengaruh tren BookTok, Gen Z menjadi tertarik untuk membaca.
Tujuan penelitian adalah untuk melihat kontribusi leisure satisfaction terhadap
subjective well-being dan happiness pada Generasi Z dalam konteks leisure reading.
Peneliti juga bertujuan untuk melihat perbedaan tingkat subjective well-being dan
happiness pada jenis bacaan fiksi dan non-fiksi. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian korelasional non ekperimental. Leisure satisfaction diukur dengan LSS
(Beard & Ragheb, 1980). Subjective well-being diukur dengan SWLS (Diener et al.,
1985) dan PANAS (Watson et al., 1988). Sedangkan Happiness diukur dengan SHS
(Lyubomirsky & Lepper, 1999). Diperoleh sebanyak 184 partisipan yang berusia 18-26
tahun dan memiliki pilihan kegiatan membaca pada waktu luangnya. Secara
keseluruhan leisure satisfaction terbukti berkontribusi terhadap komponen subjective
well-being dan happiness pada Generasi Z yang suka membaca di waktu luang.
Sedangkan pada jenis bacaan fiksi, leisure satisfaction tidak terbukti secara signifikan
berkontribusi terhadap happiness. Disimpulkan dari hasil pengukuran dengan T-test
menunjukkan bahwa tingkat happiness dan tingkat subjective well-being ditemukan
lebih tinggi pada partisipan yang suka membaca non-fiksi dibandingkan fiksi
Gen Z grew up with the influence of internet and social media. Social media influencers canimpact leisure activity choices, that is BookTok trend influenced Gen Z to read. The aim ofthis research is to see the contribution of leisure satisfaction to subjective well-being andhappiness in Generation Z in the context of leisure reading. Researcher want to see thedifferences level of subjective well-being and happiness in the types of fiction and non-fictionreading. This study uses a non-experimental correlational research method. Leisuresatisfaction is measured by LSS (Beard & Ragheb, 1980). Subjective well-being is measuredby SWLS (Diener et al., 1985) and PANAS (Watson et al., 1988). Happiness is measured bySHS (Lyubomirsky & Lepper, 1999). There were 184 participants aged 18-26 years who likesto read in their free time. Overall leisure satisfaction is proven to contribute to the componentsof subjective well-being and happiness of Generation Z in the context of leisure reading.Whereas in fiction reading, leisure satisfaction is not proven to significantly contribute tohappiness. It is concluded from the measurement results with the T-test, that happiness andsubjective well-being level is found to be higher in participants who like to read non-fiction.