Kualitas pelayanan keperawatan ditentukan oleh kualitas tenaga perawat yang memberikan asuhan langsung kepada pasien. Perawat di kamar operasi memerlukan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang baik untuk memastikan pemberian asuhan keperawatan di kamar operasi aman dan berkualitas. Mentoring merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam praktek keperawatan professional. Program mentoring dalam penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi perawat di kamar operasi. Program mentoring dilakukan oleh perawat berpengalaman diatas lima tahun, dengan tingkat pendidikan Ners, dan pernah mengikuti pelatihan preseptorship dan bedah lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan metode mentoring terhadap kompetensi perawat di kamar operasi RS X. Metode penelitian yang digunakan yaitu pre eksperimen dengan pemberian intervensi berupa program mentoring kepada perawat di kamar operasi selama satu bulan dan jumlah sampel sebanyak 15 perawat. Instrumen yang digunakan yaitu Perceived Perioperative Competence Scale Revised (PPCSR) yang sudah dimodifikasi oleh peneliti yang berisi 43 pernyataan dengan menggunakan skala Likert 1-5. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan nilai rata-rata kompetensi perawat di kamar operasi sebelum dan setelah intervensi berupa program mentoring selama satu bulan sebesar 24,933 dengan nilai p < 0,001 (α = 0,05) dengan perbedaan nilai rata-rata tertinggi yaitu pada dimensi pengetahuan dan keterampilan dasar kamar operasi sebesar 7,867. Kesimpulan dari penelitian ini program mentoring yang dilakukan selama satu bulan dapat meningkatkan kompetensi perawat di kamar operasi. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu dengan menambahkan kelompok kontrol dalam penelitian dan penggunaan jumlah sampel yang lebih besar.
The quality of nursing services is determined by the quality of the nurses who provide direct care to patients. Nurses in operating rooms need good knowledge, skills and attitudes to ensure safe and quality nursing care in operating rooms. Mentoring is a learning method that can be used in professional nursing practice. The mentoring program in this study aims to improve the competence of nurses in the operating room. The mentoring program is carried out by nurses with experience of more than five years, with a Nurse education level, and have attended preceptorship and advanced surgery training. This study aims to see the effect of implementing the mentoring method on the competence of nurses in the operating room of X Hospital. The research method used was pre-experimental with the provision of an intervention in the form of a mentoring program to nurses in the operating room for one month and a total sample of 15 nurses. The instrument used is the Perceived Perioperative Competence Scale Revised (PPCSR) which has been modified by researchers which contains 43 statements using a Likert scale of 1-5. The results showed that there was a difference in the average competency score of nurses in the operating room before and after the intervention in the form of a one-month mentoring program of 24.933 with a p value < 0.001 (α = 0,05) with the difference in the highest average score in the dimensions of knowledge and skills operating room basis of 7.867. The conclusion from this study is that a mentoring program that is carried out for one month can improve the competence of nurses in the operating room. Suggestions for further research are to add a control group to the study and use a larger sample size.