UI - Laporan Penelitian :: Kembali

UI - Laporan Penelitian :: Kembali

Kamus elektronik istilah IPTEK: Kajian linguistik mengenai distribusi dan unifikasi istilah bidang kesehatan, teknologi, dan ekonomi

Muhadjir; Montolalu, Lucy Ruth; Multamia Retno Mayekti Tawangsih; Kiswartini Mangkudilaga; Basuki Suhardi; Bobby Achirul Awal Nazief, co-promotor; Mirna Adriani (Universitas Indonesia. Fakultas Ilmu Pengatahuan Budaya, 1997)
 Abstrak
ABSTRAK
Perencanaan bahasa pada bidang peristilahan dalam bahasa Indonesia telah ditangani sejak jaman pemerintahan Jepang di Indonesia oleh Komisi Bahasa Indonesia yang didirikan pada tanggal 20 Oktober 1942 di Jakarta dan Medan yang antara lain bertugas mengembangkan bahasa Indonesia lewat istilah keilmuan, Setelah pemerintah Jepang tidak berkuasa lagi di Indonesia tugas pembentukan dan pengembangan peristilahan dilaksanakan oleh pemerintah Republik Indonesia dengan badan-badan yang dibentuknya. Sekarang ini bahkan telah terbentuk badan kerja sama dengan Malaysia dan Brunai yang terus bekerja menyusun bersama istilah Iptek yang diharapkan berlaku di ketiga negara tersebut.
Demikianlah di satu pihak ada pemerintah atau kelompok ilmuan yang membentuk istilah bidang ilmu tertentu. Hasil yang diperolehnya adalah beberapa kamus Istilah, buku penuntun pembentukan istilah dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah. Di pihak lain ada pemakai istilah yang merasa tidak puas atas istilah ilmu yang terdapat dalam kamus-kamus istilah tadi, karena tidak sesuai dengan konsep ilmunya. Dalam bidang peristilahan pemakai bahasa mengeluh bahwa peristilahan yang dibentuk oleh bidangbidang ilmu tertentu tidak selalu sesuai dengan kaidah tata bahasa Indonesia.
 File Digital: 1
Shelf
 LP-Muhadjir-kamus elektronik.pdf ::
 Metadata
No. Panggil : LP-pdf
Nama orang :
Nama orang tambahan :
Nama badan tambahan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia. Fakultas Ilmu Pengatahuan Budaya, 1997
Program Studi :
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 305 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Catatan Umum : none
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
LP-pdf 09-19-267782407 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 76680