UI - Laporan Penelitian :: Kembali

UI - Laporan Penelitian :: Kembali

Citra Pria Dalam Cerpen Majalah Populer Indonesia, Menjelang Milenium Ketiga

Okke Saleha K. Sumantri Zaimar; (Universitas Indonesia. Fakultas Ilmu Pengatahuan Budaya, 2001)
 Abstrak
Masalah gender telah lama menerik perhatian para peneliti bidang ilmu-ilmu sosial dan humaniora di seluruh dunia. Demikian pula di Indonesia, banyak karya sastra yang menampilkan permasalahan kaum wanita, antara lain Layar Terkembang karya St Takdir Alisyahbana. Jumlah tesis dan disertasi tentang wanita dalam karya sastra, tak dapat lagi dihitung dengan jari banyaknya. Hal ini mudah dipahami, karena hingga kini wanita masih belum mendapat tempat yang selayaknya di samping kaum pria Bahkan pada masa kini, masih juga dipersoalkan apakah seorang wanita dapat menjadi seorang presiden atau tidak. Keadaan seperti ini sering terpantul dalam karya sastra, terutama sastra popular.

Sementara itu, sepanjang sepengetahuan saya, masih sangat sedikit - kalau tak dapat dikatakan tak ada - penelitian tentang kaum pria, padahal sikap pria, citranya dalam masyarakat, mempunyai kaitan yang sangat erat dengan kondisi kaum wanita. Dengan memahami sikap dan pemikiran pria, ada kalanya kaum wanita dapat memperbaiki kondisi mereka.

Perumusan masalah:
Bagaimanakah citra kaum pria dalam cerpen di majalah-majalah popular Indonesia menjelang milenium ke tiga? Apakah ada perubahan citra di dalam penggambaran sosok pria, baik secara fisik maupun mental? Bagaimanakah pemikirannya, juga kedudukan dan dan perannya dalam keluarga maupun di masyarakat? Bagaimana. pula sikapnya secara keseluruhan, terutama terhadap kaum wanita? Banyak lagi hal yang perlu di babas dan penelitian ini akan mecoba menemukan jawaban atas permasalahan tersebut...
 File Digital: 1
Shelf
 LP-Okke Kusuma Sumantri-Citra Pria Dalam Cerpen Majalah Populer Indonesia, Menjelang Milenium Ketiga.pdf ::
 Metadata
No. Panggil : LP-pdf
Pengarang :
Pengarang/kontributor lain :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Universitas Indonesia. Fakultas Ilmu Pengatahuan Budaya, 2001
Program Studi :
Sumber Pengatalogan LibUI ind rda
Tipe Konten text
Tipe Media computer
Tipe Carrier online resource
Deskripsi Fisik 104 pages; 28 cm
Lembaga Pemilik Universitas Indonesia
Lokasi Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
LP-pdf 09-19-509059620 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 76214