UI - Dokumentasi :: Kembali

UI - Dokumentasi :: Kembali

Perencanaan Strategis SI/TI untuk Menghadapi Era Kenormalan Baru di Perusahaan Konstruksi: Studi Kasus PT Qdc Technologies = IS/IT Strategic Planning to Face the New Normal Era in Construction Companies: A Case Study of PT Qdc Technologies

Icha Mailinda; Sensuse, Dana Indra, examiner; Sensuse, Sofian Lusa, supervisor; Farisya Setiadi, examiner; Bobby Achirul Awal Nazief, examiner (Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022)

 Abstrak

Penerapan teknologi informasi(TI) dan sistem informasi(SI) penting dalam perusahaan termasuk sektor konstruksi. Dengan diterapkannya SI/TI diharapkan proses bisnis dapat berjalan dengan lebih optimal. Penerapan SI/TI lebih optimal apabila didukung oleh perencanaan strategis SI/TI yang selaras dengan strategi bisnis sehingga mendukung tercapainya tujuan perusahaan. Namun penerapan SI/TI di PT Qdc Technologies yang merupakan perusahaan di bidang konstruksi kelistrikan dan telekomunikasi belum mendukung proses bisnis dengan baik yang mengakibatkan penyelesaian proyek dan cash conversion cycle yang lambat serta tidak mencapai target. Permasalahan pencapaian target diperparah oleh pandemi Covid-19 yang terjadi. Untuk itu diperlukan perencanaan strategis SI/TI agar PT Qdc Technologies dapat meningkat peranan SI/TI dalam mendukung pencapaian tujuan serta menghadapi era kenormalan baru. Dengan adanya perencanaan strategis SI/TI bertujuan untuk menyelaraskan strategi bisnis dengan penerapan SI/TI sehingga mendukung perusahaan dalam mengahadapi era kenormalan baru. Metode yang digunakan dalam penelitin ini adalah Ward & Peppard dan menggunakan tools analisis seperti BMC, value chain, SWOT, PESTEL, five forces, BSC, CSF, benchmarking, tren TI, analisis skenario, gap analysis dan McFarlan strategic grid. Hasil penelitian ini adalah perencanaan strategis SI/TI di PT Qdc Technologies untuk mengoptimalkan proses bisnis dan tercapainya tujuan perusahaan menghadapi era kenormalan baru. Pada perencanaan strategi SI/TI ini menghasilkan empat belas aplikasi usulan yang dipetakan kedalam kuadran McFarlan. Aplikasi tersebut yaitu logistic–ERP, project management–ERP, procurement and commercial–ERP, sales–ERP dan finance–ERP pada kuadran key operasional. Pada kuadran strategic terdapat BIM-ERP dan CRM. Pada kuadran high potential terdapat KMS dan partner platform. Pada kuadran support terdapat human resources–ERP, CSD, QHSE, vicon serta monitoring system(MS).

Applying information technology (IT) and information systems (IS) is important in companies, including construction. Implementation of IS/IT expected that business processes could run more optimally. The implementation of IS/IT is more optimal if supported by IS/IT strategic planning that aligns with the business strategy to support the achievement of company goals. However, the application of IS/IT at PT Qdc Technologies, a company in electricity and telecommunications construction, has not supported business processes properly, resulting in project completion and cash conversion cycle being slow and not achieving the target. The current Covid-19 pandemic exacerbates the problem of achieving targets. For this reason, IS/IT strategic planning is needed so that PT Qdc Technologies can increase the role of IS/IT in supporting the achievement of goals and facing the new normal era. The IS/IT strategic planning aims to align business strategy with IS/IT implementation to support the company in facing the new normal era. The method used in this research is Ward & Peppard and uses analytical tools such as BMC, value chain, SWOT, PESTEL, five forces, BSC, CSF, benchmarking, IT trends, scenario analysis, gap analysis, and McFarlan strategic grid. The results of this study are IS/IT strategic planning at PT Qdc technologies to optimize business processes and achieve company goals to face the new normal era. In this IS/IT strategic planning, fourteen proposed applications were mapped into the McFarlan quadrant. The applications are logistics–ERP, project management–ERP, procurement and commercial–ERP, sales–ERP, and finance–ERP in the key operational quadrant. In the strategic quadrant, there are BIM-ERP and CRM. In the high potential quadrant, there are KMS and partner platforms. In the support quadrant, there is human resources–ERP, CSD, QHSE, vicon, and monitoring system.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Icha Mailinda.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Dokumentasi
No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
Program Studi :
Physicsxiv, 220 pages : illustration + appendix
Typetext
Formatonline resource
Languageind
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-22-76699589 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20525604
Cover