Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kritik sosial yang terdapat dalam serial televisi Rusia Лучше, Чем Люди/Lebih Baik daripada Manusia karya Sutradara Andrey Junkovsky yang merupakan serial bertema distopia, dengan berfokus kepada kritik terhadap ketergantungan manusia terhadap teknologi robot. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan potongan adegan-adegan atau scene yang kemudian dianalisis dengan metode deskriptif analitis dengan teori semiotika yang dikemukakan Roland Barthes. Penelitian dilakukan dengan melihat makna denotatif dan konotatif dalam adegan serial televisi Rusia Лучше, Чем Люди/Lebih Baik daripada Manusia yang tayang pada tahun 2018. Penelitian ini berargumen bahwa terdapat 11 adegan yang menggambarkan ketergantungan manusia terhadap teknologi robot. Hal ini lah yang menjadi kritik sosial dalam seri Лучше, Чем Люди/Lebih Baik daripada Manusia karya Andrey Junkovsky.
This study aims to analyze issue the social criticism in the Russian television series Лучше, Чем Люди/ Better than Us by Andrey Junkovsky. This series is a dystopia-themed series that focusing on criticsm of human dependence on robot technology. The data used in this study are cut scenes which are then analyzed by a descriptive analytical method with a semiotic theory by Roland Barthes. The research was conducted by looking at the meaning of denotations and connotations in the Russian television series Лучше, Чем Люди/ Better than Us, which aired in 2018. This study argues that there are 11 scenes that depict human dependence on robotic technology. This is the social criticism in series Лучше, Чем Люди/ Better than Us by Andrey Junkovsky.