Beberapa perilaku yang merusak lingkungan adalah merusak tanaman, menebang
pohon, boros penggunaan air, dan membuang sampah sembarangan. Masalah riset
adalah terdapat siswa yang belum berkarakter peduli lingkungan padahal alam
sebagai media belajarnya telah diberikan. Tujuannya adalah mengukur perubahan
tingkat kepedulian lingkungan peserta didik sebelum dan sesudah pembelajaran
pertanian organik, menganalisis hubungan antara varibael, dan membuat konsep
pembangunan karakter peduli lingkungan pada materi pembelajaran pertanian
organik. Pendekatan risetnya adalah kuantitatif. Metode, teknik, dan pengambilan
data menggunakan metode campuran. Hasil menunjukkan bahwa terjadi perubahan
tingkat kepedulian lingkungan pada indikator hemat dalam penggunaan air, yaitu
sebesar 49,16%. Korelasi yang cukup antara pertanian organik dan pembangunan
karakter peduli lingkungan sebesar 0,412 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000
pada α=0,01. Korelasi yang cukup antara proses pembiasaan dan pertanian organik
terhadap pembangunan karakter peduli lingkungan sebesar 0,430 dengan tingkat
signifikan sebesar 0,000 pada α=0,01. Konsep membangun karakter peduli
lingkungan terdiri dari tiga komponen, yaitu proses pembiasaan, integrasi
pembelajaran, dan penanaman nilai-nilai peduli lingkungan. Kesimpulannya adalah
membangun karakter peduli lingkungan dapat dilakukan melalui pertanian organik,
proses pembiasaan, perubahan tingkat kepedulian lingkungan, integrasi
pembelajaran, dan penanaman nilai-nilai peduli lingkungan. Karakter peduli
lingkungan dibangun adalah menyayangi tanaman, hemat penggunaan air, memilah
dan membuang sampah pada tempatnya, menggunakan kembali sampah yang
dihasilkan, dan memanfaatkan bahan organik.
Some of the behaviours that damage the environment are damaging plants, cuttingtrees, wasteful use of water, and littering. The research problem is that a fewstudents do not have the character to care about the environment even though naturehas given as a learning medium. The goal is to measure changes in the level ofenvironmental awareness of students before and after learning organic agriculture,analyze the relationship between variables, and create a concept of characterbuilding that cares about the environment in organic farming learning materials.The research approach is quantitative. Methods, techniques, and data collectionusing mixed methods. The results show that there is a change in the level ofenvironmental awareness on the indicator of saving water use, amounting to49.16%. A sufficient correlation between organic farming and environmental carecharacter development is 0.412, with a significant level of 0.000 at α = 0.01. Asufficient correlation between the habituation process and organic farming on thecharacter building of environmental care is 0.430, with a significant level of 0.000at α = 0.01. The concept of building a caring character for the environment consistsof three components, namely the habituation process, the integration of learning,and the inculcation of environmental care values. The conclusion is that building acaring character for the environment can do through organic farming, the processof habituation, changes in the level of environmental awareness, integration oflearning, and planting values of environmental care. The character of caring for theenvironment is built by loving plants, saving water use, sorting and disposing ofwaste in its place, reusing the generated waste, and utilizing organic materials