UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Asuhan Keperawatan Lansia Dengan Konsitpasi Melalui Abdominal Massage Teknik Effleurage Di Ruang Isolasi COVID Rumah Sakit Universitas Indonesia = Nursing Care Plan on Elderly Patient with Constipation through Effleurage Abdominal Massage Technique in COVID Isolation Room, Universitas Indonesia Hospital

Muhammad Ade Putra; Sukihananto, supervisor; Dwi Nurviandari Kusuma Wati, examiner; I Gusti Ayu Putu Desy Rohana, examiner (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2020)
 Abstrak
Konstipasi merupakan gangguan pada sistem gastrointestinal lansia yang paling sering terjadi. Faktor risiko terjadinya konstipasi pada lansia antara lain faktor usia, diet dan asupan cairan, aktivitas fisik, psikologis, serta konsumsi obat-obatan. Konstipasi yang tidak ditangani segera dapat menyebabkan beberapa komplikasi dan mempengaruhi proses penyembuhan. Terdapat beberapa penatalaksanaan nonfarmakologi dalam mengatasi masalah konstipasi salah satunya dengan abdominal massage. Abdominal massage dengan teknik effleurage merupakan intervensi keperawatan yang dapat dilakukan untuk mengatasi konstipasi. Tujuan dari intervensi ini untuk mengetahui efektivitas abdominal massage dengan teknik effleurage dalam mengatasi masalah konstipasi pada pasien lansia yang mengalami imobilisasi fisik dan konsumsi obat terapi suportif COVID-19. Intervensi dilakukan sebanyak 2 kali dalam 2 hari berturut-turut dengan durasi ± 15 menit. Hasil intervensi yang dilakukan menunjukan peningkatan bising usus sebesar 2.67 kali pada intervensi pertama dan 3.33 kali pada intervensi kedua. Berdasarkan hasil tersebut abdominal massage teknik effleurage dapat menjadi pilihan dalam mengatasi konstipasi pada lansia khususnya yang sedang dalam perawatan ketat. Saran penelitian selanjutnya diharapkan dapat meneliti seluruh indikator keberhasilan intervensi dalam mengatasi konstipasi pada lansia.
 File Digital: 1
Shelf
 PR-pdf-Muhammad Ade Putra.pdf ::

Catatan : Menu Anggota

 Metadata
No. Panggil : PR-pdf
Pengarang :
Pengarang/kontributor lain :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2020
Program Studi :
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xixi, 89 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
PR-pdf 16-21-307024126 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20508475