Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Peningkatan melek kesehatan perawat melalui pengarahan kepala ruang menggunakan program internalisasi hasil evaluasi belajar perawat

Hanny Handiyani, Tuti Nuraini (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2019)

 Abstrak

Melek kesehatan (health literacy) sangat penting bagi keselamatan perawat. Rendahnya melek kesehatan perawat merupakan salah satu faktor yang berperan pada insiden cedera jarum suntik pada perawat di rumah sakit. Upaya mengoptimalkan melek kesehatan perawat dapat dilakukan melalui pengarahan yang inovatif, yaitu melalui program internalisasi hasil evaluasi belajar perawat (Pin Hebat). Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh Pin Hebat terhadap melek kesehatan perawat, melalui metode penelitian pre-eksperiment dengan perbandingan kelompok statis (static group comparison). Teknik pengambilan sampel menggunakan consecutive sampling, dengan sampel 88 perawat perawat pelaksana. Perawat pelaksana pada kelompok intervensi dinilai melek kesehatannya sesudah dilaksanakan pengarahan oleh kepala ruangan menggunakan Pin Hebat. Pada waktu yang sama kelompok kontrol langsung di nilai melek kesehatannya tanpa diberikan intervensi. Hasil penelitian dianalisa menggunakan Independen t tes menunjukkan bahwa ada perbedaan yang bermakna pada melek kesehatan perawat pelaksana (p= 0,001) setelah diterapkan pengarahan menggunakan Pin Hebat. Pengarahan kepala ruang menggunakan Pin Hebat memberi dampak pada melek kesehatan sebesar 27%. Adanya penetapan kebijakan pelaksanaan pengarahan menggunakan Pin Hebat oleh kepala ruang di rumah sakit sangat dibutuhkan agar dapat dilaksanakan secara berkelanjutan.

Health literacy is very important for nurses’ safety. The low of nurses’ health literacy is one of the factors in increasing injury reports of needlestick injury in hospitals. The efforts to optimize nurse’s health literacy can be done through an innovative direction that is internalization of nurses study evaluation result “program internalisasi hasil evaluasi belajar perawat (Pin Hebat)”. The aim of this research was examining impact of Pin Hebat toward nurse health literacy. Research method was pre-experiment with pretest and posttest control group approach. The sampling technic was consecutive sampling, with 88 practitioner nurses as a sample. Nurse practitioner would be examined about their health literacy after giving health literacy direction by head Nurse using Pin Hebat. For knowing the result of this research was analyzed by independent t-test, and the result was found that there was a difference between after head nurse direction using Pin Hebat (p=0,001). Head nurse direction give impact up to 27%. Need the permanent regulation for this head ward direction using Pin Hebat to be done sustainably in the hospital.

 Metadata

Jenis Koleksi : Artikel Jurnal
No. Panggil : 610 JKI 22:3 (2019)
Entri utama-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2019
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 14104490
Majalah/Jurnal : Jurnal Keperawatan Indonesia
Volume : Vol. 22, No. 3 November 2019: Hal. 191-199
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume
Akses Elektronik : https://jki.ui.ac.id/index.php/jki/article/view/1029
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
610 JKI 22:3 (2019) 03-20-030172133 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20502867
Cover