Peningkatan kapasitas terminal berbasis perencanaan pelabuhan adaptif studi kasus Pelabuhan Cigading = Increasing terminal capacity based on adaptive port planning case study Cigading Port / Dikky Putra Utama
Dikky Putra Utama;
Mohammed Ali Berawi, supervisor; Leni Sagita Riantini, examiner; Afrizal Nursin, examiner; Ayomi Dita Rarasati, examiner
(, 2019)
|
ABSTRAK Infrastruktur di dalam negara kepulauan yang efektif untuk menyalurkan distribusi barang yaitu melalui kegiatan bongkar muat pelabuhan. Salah satu pelabuhan yang menjadi objek penelitian ini yaitu pelabuhan Cigading di Provinsi Banten yang merupakan pelabuhan untuk penanganan kargo curah kering dan curah cair. Pelabuhan ini akan berkespansi sesuai dengan visi misi pelabuhan dan untuk meningkatkan penanganan kargo. Ekspansi dilakukan untuk mencapai target aktifitas pelabuhan sebesar 26.81 juta ton pada tahun 2025. Sehingga dalam ekspansi tersebut memerlukan pendanaan yang besar dan membutuhkan perencanaan yang tepat dan bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Metoda penelitian yang digunakan untuk menganalisis peningkatan kapasitas terminal pelabuhan adalah dengan mengembangkan kerangka kerja Perencanaan Pelabuhan Adaptif (Port Planning Adaptive PPA). Kerangka kerja PPA ini memberikan keunggulan dibandingkan perencanaan konvesional dikarenakan pengembangan PPA dapat mengindentifikasi, mempunyai fleksibilitas dalam desain dan beradapatasi dari faktorfaktor ketidakpastian di masa yang akan datang, sehingga perencana dapat menentukan keputusan terbaik. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui besarnya investasi dan konsep desain pelabuhan Cigading ketika ekspansi. ABSTRACT The effective infrastructure in the archipelago country to distribute goods is through port loading and unloading activities. One of port that will be the object of this research is Cigading Port in the Banten Province. Main activities of this port are handling dry bulk and liquid bulk cargoes. This port will expand in line with ports vision and mission to increase cargo handling. The expansion is carried out to achieve target of cargo handling to 26.81 million tons in 2025. This expansion is required big funding, proper planning and can be adjusted to the needs in the future. The research methodology will use framework of Adaptive Port Planning (APP). This framework gives advantages compared to conventional planning because of APP can identify, have flexibility in design, and can be adapted from the uncertainty factors in the future. By using this framework, port planner will have several scenarios so he she can determine the best decision to develop Cigading Port. |
![]()
|
No. Panggil : | T55210 |
Pengarang : | |
Pengarang/kontributor lain : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2019 |
Program Studi : |
Naskah Ringkas : | |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resources |
Deskripsi Fisik : | xvi, 250 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Catatan Bibliografi : | pages 153-155 |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T55210 | 15-21-141455090 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20499308 |