AbstrakYang melatar belakangi penulisan ini adalah, beberapa siswa menganggap matematika itu sulit, karena pembelajarannya kurang menarik, guru kurang berperan sebagai fasilitator, guru tidak menggunakan alat peraga atau media pembelajaran, guru kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran, banyak rumus, kurang banyak latihan, bahwa guru belum secara maksimal dalam menggunakan model pembelajaran, sehingga pembelajaran dirasa kurang bermakna. Dan selama ini guru lebih mengutamakan kegiatan pembelajaran yang berorientasi pada ranah kognitif, sering meninggalkan ranah afektif dan psikomotor siswa, sehingga perubahan kedewasaan siswa menjadi kurang maksimal. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan model ELPSA menggunakan alat peraga geoboard. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah sebagai wahana yang baru untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar dalam pelajaran matematika dan sebagai pengembangan pengetahuan dalam proses pembelajaran matematika, sehingga siswa lebih mandiri dalam belajar menemukan konsep konsep matematika secara konkrit, dan pembelajaran dalam suasana yang menyenangkan. Oleh karena itu penulis menyarankan, dalam pembelajaran hendaknya guru selalu berinovasi untuk dapat memotivasi minat belajar siswa dan memperbaiki kualitas pembelajaran dengan model pembelajaran yang bervariasi dan alat peraga yang sesuai, sehingga hasil belajar siswa bisa maksimal.