Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Kemampuan menulis teks pidato berbahasa Indonesia di SMA negeri 3 Waeapo

Nanik Indrayani (Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, 2018)

 Abstrak

Penulisan pidato merupakan salah satu mata pelajaran yang digemari sebagian siswa di SMA Negeri 3 Waeapo, Pulau Buru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas XII dalam menulis pidato berbahasa Indonesia. Penelitian ini tergolong Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Populasi penelitian ini adalah siswa Kelas XII SMA Negeri 3 Waeapo Buru, yang terdiri atas dua kelas dan berjumlah 44 siswa. Untuk mendapatkan data yang akurat, penelitian ini menggunakan tes tertulis berupa teks pidato, dengan tema yang ditetapkan oleh peneliti, dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa hanya 1 di antara 44 siswa yang dijadikan sampel penelitian memperoleh nilai di bawah 65. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa siswa Kelas XII SMA Negeri 3 Waeapo Pulau Buru telah mampu menulis pidato dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dan mencapai kriteria ketuntasan yang ditetapkan sebanyak 67 persen. Hal ini juga dibuktikan dengan perolehan nilai yang mencapai 65 ke atas yang diperoleh 43 siswa.

Writing speech is one of thestudents’favorite subjects atSMA Negeri 3 Waeapo,PulauBuru. This study aimedto describe thestudents’capabilityinwritingIndonesia speech. This research wasclassified asClassroom Action Research. The population of this study were44students of two classes of Class XII. Obtaining the accurateddata,this research used written test suchaswrittingthespeechtextby using ‘bahasa Indonesia yang baik dan benar’with theme that had been determined by the researcher.Then, the collected data would beanalyzed by using descriptive quantitative. The results showed thatonly one of 44students got less then 65. Thus, it can be concluded that students of Class XII of SMA Negeri3 Waeapo PulauBuru hadcapabilityto write the speech texts by using ‘bahasa Indonesia yang baik dan benar’ and achieving the completeness criteria by reaching more than 67 percent. This also could be seen in the score of other 43 students who got more than 65.Keywords:Students, Speechtets, Indonesian Language.

 Metadata

Jenis Koleksi : Artikel Jurnal
No. Panggil : 400 JIKKT 6:1 (2018)
Entri utama-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Ambon: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, 2018
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 23391154
Majalah/Jurnal : Toto Buang: Jurnal Ilmiah Kebahasaan dan Kesastraan
Volume : Vol. 6, No. 1 Juni 2018: Hal. 97-107
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume
Akses Elektronik : https://totobuang.kemdikbud.go.id/jurnal/index.php/totobuang/article/view/73
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4 R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
400 JIKKT 6:1 (2018) 03-19-948191394 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20487935
Cover