Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Pandangan guru dalam pengembangan kurikulum pendidikan khusus / Sutjipto

Sutjipto; (Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018)

 Abstrak

ABSTRAK
The purpose of this research is to comprehensively examine the views of special school teachers in the development of special educational curricula on the design and principles. The research involved forty three teachers from eight different special schools. Data was collected through forum group discussion dan analyzed by descriptive qualitative method. The results show, first, from the teachers point of view, that in designing a special educational curriculum for learners with special needs it should contain practical knowledge, moral character qualities and performance, essential skills, competence, art, and literacy praxis. Secondly, flexibility, functionality, independence, literacy, and vocational are the principles of developing a special education curriculum for learners with special needs.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara komprehensif pandangan guru sekolah luar biasa dalam pengembangan kurikulum pendidikan khusus pada dimensi perancangan dan asasnya. Penelitian melibatkan empat puluh tiga guru sekolah luar biasa dari delapan sekolah. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik diskusi kelompok terpumpun dan teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari sudut pandang guru dalam perancangan kurikulum pendidikan khusus untuk peserta didik berkebutuhan khusus harus mengandung muatan-muatan pengetahuan praktis, kualitas karakter moral dan kinerja, keterampilan penting, kompetensi, seni, dan praksis literasi. Selain itu, keluwesan, fungsional, kemandirian, literasi, dan kejuruan merupakan asas-asas pengembangan kurikulum pendidikan khusus bagi peserta didik berkebutuhan khusus.

 Metadata

Jenis Koleksi: Artikel Jurnal
No. Panggil : 370 JPK 3:1 (2018)
Entri utama-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018
Sumber PengataloganLibUI ind rda
ISSN24608300
Majalah/JurnalJurnal Pendidikan dan Kebudayaan
VolumeVol. 3, No. 1, Juni 2018: Hal. 73-93
Tipe Konten text
Tipe Media unmediated
Tipe Carrier volume
Akses Elektronik http://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/656/434
Institusi Pemilik Universitas Indonesia
Lokasi Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
370 JPK 3:1 (2018) 03-19-287418139 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20482898