ABSTRAKK.H Imam Zarkasyi adalah salah seorang pelopor modernisasi pendidikan pesantren di Indonesia. K. H. Imam Zarkasyi mengenalkan sistem Kulliyyatul Mu'allimin Al-Islamiyyah (KMI) yang merupakan adopsi dari pemikiran-pemikiran tokoh islam semisal Mahmud Yunus dan K. H. Ahmad Dahlan, dan integrasi sistem-sistem pendidikan yang dilaksanakan di berbagai macam perguruan tinggi tingkat dunia seperti AL-Azhar, Syanggit, Aligarh, dan Santiniketan. Modernisasi pesantren ala K. H. Imam Zarkasyi ini merupakan bantahan dari persepsi masyarakat bahwa pesantren identik dengan tempat yang kumuh dan kolot, sekaligus upaya untuk mendidik karakter masyarakat agar berpikir jauh ke depan. Penelitian historis dengan pendekatan psikologi agama dan hermeneutik digunakan untuk mengkaji modernisasi pesantren yang dilakukan K. H. Imam Zarkasyi di Pondok Modern Darussala Gontor, di tengah kondisi pesantren yang dipandang terbelakang pada masa tersebut.