Berbagai penelitian epidemiologi menunjukkan peningkatan angka insidens dan prevalensi diabetes tipe-2 di dunia. Strategi utama upaya prevensi terhadap kejadian diabetes adalah kegiatan pendidikan kesehatan. Pendidikan kesehatan dapat diberikan pada pasien juga dapat melalui kader kesehatan sebagai pemberdayaan masyarakat. Metode penelitian ini adalah quasi experiment dengan pendekatan pretest-postest tanpa kelompok kontrol, dengan sampel 24 orang kader kesehatan Layanan Kesehatan Cuma-Cuma Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan manajemen diabetes terhadap pengetahuan dan keterampilan manajemen diabetes pada kader kesehatan. Hasil penelitian menunjukkan pelatihan manajemen diabetes meningkatkan pengetahuan manajemen diabetes secara bermakna (p= 0,001; α= 0,05). Skor ketrampilan manajemen diabetes mengalami peningkatan namun tidak bermakna secara statistik (p= 0,387; α= 0,05). Karakteristik responden meliputi umur, pendidikan, dan pengalaman tidak berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan dan ketrampilan manajemen diabetes.
Various epidemiological studies indicate increasing rates of incidence and prevalence of type-2 diabetes in the world. The main strategy of prevention efforts on the incidence of diabetes is doing health education activities. Health education can be given to patients and also can be administered through a cadre of community health. This research method is a quasi-experiment with pretest approach pos test without control groups, with a sample of 24 health cadres in ahealth service for charity. Purpose of this study is to determine the effect of diabetes management training on knowledge and skills of diabetes management in the health cadres. The results showed diabetes management training improve knowledge of diabetes management in cadres significantly (p= 0.001; α= 0.05). Scores of diabetes management skills have increased but not statistically significant (p =0.387; α= 0.05). Factors include the characteristics of age, education, and experience does not affect the increased of knowledge and skills of diabetes management.