The objectives of this research are to get knowledge about what contributions that higher education
can provide to build students? ethical perception and awareness of fraud prevention. To achieve these
objectives, the research was conducted toward accounting students at Yogyakarta State University.
Data were collected using questionnaires distributed to 149 students. The analysis of the data used
path analysis. Based on the result of the survey to the respondents, the research provides evidence
that higher education has a positive and significant influence to build students? ethical perception
through internalizing objectivity and professional responsibility in the intermediate auditing course.
In addition, it is also proven that accounting students who have high level of ethical perception are
able to build awareness of fraud prevention.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi yang bisa diberikan pendidikan tinggi untuk
membangun persepsi etis pada diri mahasiswa Akuntansi dan efeknya di kemudian hari terhadap
kesadaran dalam mencegah fraud. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian dilaksanakan terhadap
mahasiswa Akuntansi di Universitas Negeri Yogyakarta. Data dikumpulkan melalui angket yang
disebarkan kepada 149 mahasiswa sebagai sampel penelitian. Data kemudian dianalisis dengan
menggunakan teknik analisis jalur. Berdasarkan hasil survei atas pendapat mahasiswa, pendidikan
tinggi mampu memberikan kontribusi positif dan signifikan terhadap upaya menciptakan persepsi
etis mahasiswa Akuntansi dengan melalui internalisasi objektivitas dan tanggung jawab profesional
dalam perkuliahan Pengauditan. Selain itu, penelitian ini juga berhasil membuktikan bahwa
mahasiswa yang memiliki persepsi etis yang tinggi mampu membangun kesadaran untuk mencegah
fraud.