Artikel Jurnal :: Back

Artikel Jurnal :: Back

Dasar-dasar teoritis pendidikan Islam / Wagiman Manik

Manik, Wagiman; (Universitas Dharmawangsa, 2016)
URI : http://lontar.ui.ac.id/detail?id=20440839&lokasi=lokal
 Abstract
Mengetahui dasar-dasar teoritis pendidikan islam, yang merupakan landasan, pijakan dan rambu-rambu dalam menjalankan dan menerapkan konsep pendidikan islam dan model-model pendidikannya di dalam dunia pendidikan adalah hal yang sangat penting. Islam adalah agama yang sangat menghargai ilmu dan pemiliknya, sehingga setiap muslim dan muslimah diwajibkan untuk menuntut ilmu tersebut, dan islam dengan tegas telah mengangkat setinggi-tingginya derajat para ulama yang mereka adalah orang-orang yang memiliki ilmu.


Setiap pendidik muslim dan muslimah harus menguasai dasar-dasar teoritis pendidikan Islam, sebagai modal utama dalam mendidik peserta didik yang memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda, sehingga seorang pendidik dituntut untuk dapat menguasai dan memahami dengan baik tentang dasar-dasar teoritis pendidikan Islam, yang meliputi, kedudukan ilmu dalam Islam, kewajiban menuntut ilmu, kemuliaan para ulama, tujuan pendidikan Islam, isi pendidikan, metode pendidikan, dan karakter ulil Albab.


Kesimpulannya adalah sebagai seorang muslim terlebih lagi seorang sarjana hendaklah kita paham dan cerdas terhadap agama kita, yaitu agama islam, agama yang telah diridhai oleh Allah SWT. Agama Islam adalah agama yang sempurna dan paripurna yang setiap urusan yang terdapat di dalamnya telah dijelaskan dan telah di praktekkan oleh Rasulullah SAW bersama para sahabatnya, termasuk dasar-dasar teoritis pendidikan Islam baik secara global maupun terperinci. Metode-metode pendidikan yang telah diterapkan oleh Rasulullah SAW akan abadi sampai hari kiamat kelak, hal ini sesungguhnya menjadi satu kebanggaan tersendiri bagi kaum muslimin dan kaum muslimat, bahwa lebih dari 14 abad yang lalu kita sudah memiliki suri tauladan yang sangat mulia dari Rasulullah SAW dalam hal pendidikan dan yang lainnya.
 Metadata
Call Number : 330 MIWD 49 (2016)
Author :
Subject :
Publishing : [Place of publication not identified]: Universitas Dharmawangsa, 2016
Cataloguing Source : LibUI ind rda
ISSN : 18297463
Magazine/Journal : Majalah Ilmiah Warta Dharmawangsa
Volume : Ed. 49, Juli 2016: Hal. 152-174
Content Type : text (rdacontent)
Media Type : unmediated (rdamedia)
Carrier Type : volume (rdacerrier)
Electronic Access : none
Holding Institution : Universitas Indonesia
Location : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Availability
  • Review
  • Cover
Call Number Barcode Number Availability
330 MIWD 49 (2016) TERSEDIA
Review:
No review available for this collection: 20440839